Aplikasi Ebook reader di Android (Moon Reader)-Review

Written By :

Category :

Android

,

Apps

,

IOS

,

Lifestyle

,

Techonolgy

Posted On :

Share This :

Ada Moon Reader yang purchase juga

Beberapa bulan terakhir, saya suka sekali baca buku import berbahasa Inggris. Bukunya yang ringan aja sih. Seperti The Fault In Our Stars atau Divergent. Alasannya karena mau melatih kemampuan membaca bahasa Inggris, diluar Jurnal atau Dokumen yang ada di kantor. Agak lumayan juga kalau harus beli novel bahasa Inggris, harganya lebih mahal dari novel terjemahan. Selain itu susah juga mencari toko buku yang menjual buku import. Palingan saya beli online (kapan-kapan saya review online shop yang jual buku import).

Anyway, kemarin ini saya coba-coba cari e-book gratis (don’t judge me). Dapat beberapa e-book tapi filennya epub. Berhubung saya gaptek, saya googling aplikasi yang bisa buka file epub. Emang mbah Google lebih jago dari Mbah Jambrong, so akhirnya ada blog yang ngasih tau beberapa aplikasi untuk PC dan Android. Saya fokus untuk yang android saja, ya iya lah kan supaya e-book-nya bisa dibaca via hp atau tablet (mobile). Sipenulis merekomendasikan Moon Reader
Saya langsung buka gadget lalu masuk ke Play Store, searching Moon Reader. Alhamdulillah ada yang free apps…(lagi-lagi gratisan) hehehe. 
Tampilan aplikasinya menarik dan tidak ribet. Cukup mudah buat dimengerti setting-nya. Ada dua tema yang bisa digunakan. Night Theme dan Day Theme. Untuk Night Theme, tampilannya lebih gelap. 
Night Theme

Untuk Day Theme tampilan lebih terang

Day Theme

Disebelah kiri ada semacam menu yang berisi Recent List, Book Shelf, My Files, Net Library, Statistics dan tombol setting. Kamu bisa memasukkan file e-book yang kamu simpan di memory gadget, dropbox atau google drive (epub, pdf, mobi, fb2, html, txt, chm, umd, cbz atau cbr).

Setting-an untuk My Shelf dan File e-book

Bentuk My Shelf di Moon Reader

Category e-book
Pilihan file yang akan di-import
Kamu bisa melakukan pengaturan tema background dari isi e-book. Pengaturan visual; control option untuk mengatur orientasi layar, halaman dll; di Miscellaneous kamu bisa mengatur hal-hal tambahan seperti reminder waktu membaca.
Visual Option-1

Visual Option-2

Setting di e-book

Control Option-1

Control Option-2

Miscellaneous-1

Miscellaneous-2

Theme e-book

Menu

Ada yang menarik buat saya di aplikasi ini, ada pengaturan untuk pengingat waktu atau lamanya kita membaca. Kebayangkan kalau novel yang dibaca adalah novel favorit, pasti kalian bisa gak inget waktu, lupa istirahat mata. Apalagi kita kan bacanya lewat gadget dimana mata kita pasti terpapar radiasi dari layar gadget. Nah…fungsinya pengingat atau reminder ini adalah untuk mengingatkan kita supaya kita istirahatkan mata. Setiap satu jam atau 60 menit akan ada reminder untuk kita istirahat selama 1 menit. Cool Apps! (I am not endorsing)

Reminder

Segitu aja review untuk Moon Reader. Kalau buat saya aplikasi ini recommended banget untuk kalian yang punya hobi membaca. Kalau ada aplikasi keren lainnya, akan saya coba review. Selamat mengunduh!!

Do you want to collaborate?

If you are interested in collaborating with this blog, don’t hesitate to contact me