Hal-Hal Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Acara Pernikahan

1:16 AM

Source: https://id.pinterest.com/pin/490259109413592227/
Kamu bride to be? Sebentar lagi menikah? Pasti sedang stres diselingi pusing-pusing dalam menyiapkan acara pernikahan. Welcome...kamu tidak sendirian. Hahaha aku juga soalnya (entah karena bangga atau lagi stress) .
Pertama kali apa sih yang harus disiapkan sebelum menikah? Calon pendamping? Ah..ya itu mah pasti lah . Diluar kesiapan calon pendamping, batin, jiwa dan raga pasti bagi kamu yang akan menggelar acara (akad+resepsi) pernikahan pasti dipusingkan dengan persiapannya. Dimulai darimana ya persiapannya?
Source: http://www.swinglineblog.com/07/wedding-planning-checklist-preparation-at-its-finest/

Budget, paling penting nih kalau menurut aku. Sadari betul kemampuan kalian (kamu+pasangan) dari segi finansial. Iya, pernikahan ini untuk sekali seumur hidup (Amin Ya Rabb) jadi boleh dong dibuat special. Tapi, spesial bukan berarti harus mahal kan. Oh..aku gak melarang sama sekali jika kalian memang mampu membuat pesta yang mewah dan mahal. Seperti yang aku bilang tadi budget sesuai kemampuan kalian. Aku percaya setiap niat baik pasti akan diperlancar dan dipermudah (rizky gak pernah tertukar) 

Lokasi. Kamu mau mengadakan pernikahan dimana? Rumah atau gedung? Ini balik lagi ke preferensi capeng (calon pengantin beserta keluarganya) masing-masing. Kalau kalian akan menikah di gedung, usahakan mencari gedung pernikahan dari jauh hari. You know lah...rakyat Indonesia banyak, pasti yang mau nikah juga banyak kan kalau sampai kalian gak dapet gedung bisa galau capeng wanitanya lama banget gak dinikahin. Cari lokasi gedung yang strategis dengan akses yang mudah. Percuma aja kalau tamu kudu naek roket dan pakai baju astronot dulu buat ke gedung pernikahan kamu yang letaknya di luar bumi (ups..piss Bekasi saya tinggal di planet sebelah Cikarang) . Perhitungkan juga jumlah undangan dengan kapasitas gedung. Kapasitas gedung untuk 200 orang jangan dipakai untuk 1000 orang. Bisa pingsan para tamunya karena desak-desakan. Astaghfirullah...jangan sampai ya. Oia, buat saya pribadi nilai lebih kalau di lokasi sekitaran gedung ada Masjid atau Mushola.

Nah gimana kalau acaranya di rumah? Jangan berkecil hati guys (welcome to the club). Menikah dirumah bisa juga dibuat sebagus dan semewah di gedung. Bagi kalian yang mau menikah dirumah, sebaiknya tentukan tatanan tenda, pelaminan dan lain-lainnya terlebih dahulu. Kalau punya pekarangan rumah yang luas tidak perlu bingung, tapi bagi yang pekarangan rumahnya terbatas harus difikirkan dengan benar tatanannya supaya tetap terlihat rapih. Jika kalian memakai jalan umum di depan rumah ada baiknya kalian izin terlebih dahulu ke pejabat (Bpk RT/RW) setempat dan tetangga. Kalau acara digedung biasanya terbatas hanya 2-3 jam. Kalau dirumah kan acaranya bisa seharian, kalian juga harus izin. Itu lah gunanya kenal dengan tetangga dan lingkungan disekitar rumah.
Dekorasi, tentukan konsep acara yang kamu inginkan. Jangan sampai bingung karena vendor menawarkan banyak pilihan. Pilahan banyak boleh, yang terpenting kamu sudah punya bayangan acara akan seperti apa. Kamu mau pakai acara adat atau tidak juga harus ditentukan.

Source: https://id.pinterest.com/pin/518406607086243891/
Source: https://id.pinterest.com/pin/402087072962241120/

Biasanya untuk acara pernikahan di gedung lebih mudah mencari vendor. Karena gedung mempunyai rekanan untuk dekorasi, cathering dan rias pengantin. Jadi kalian tidak direpotkan mencari-cari vendor lagi. Tinggal disesuaikan dengan budget saja (tetep ya balik ke budget).
Nah..yang agak sedikit lebih effort-nya adalah untuk acara di rumah. Kalian kudu mencari sendiri vendor yang menyediakan dekorasi, cathering (kalau gak masak sendiri) dan rias pengantin. Tapi jangan stress dulu, sekarang sudah banyak ko vendor yang menawarkan sepaket jasa acara pernikahan di rumah dan kekinian (gak kalah keceh sama acara di gedung). Setiap vendor biasanya juga menawarkan paket lengkap (dekorasi, sewa perlatan makan, rias pengantin dan fotografi) , jadi kalian gak perlu ribet cari-cari vendor lain. Tapi semua balik lagi ke kalian ya. Kebetulan aku akan mengadakan acara pernikahan di rumah dan sempat searching beberapa vendor. Aku akan buat review terpisah untuk vendor yang aku pakai (biar gak kalah sama sistah blogger sebelah..) :D
Oia mau menambahkan untuk yang membuat acara pernikahan di rumah dan tidak pakai jasa cathering kalian harus siap mencari leader untuk masak. Cari yang memang sudah terkenal jago masak. Biasanya kalau di kampung-kampung (kayak rumahku) pasti ada yang menawarkan jasa memasak untuk hajatan.
Undangan. Mau undangan ke kinian (sekali lagi), sekarang sudah banyak percetakan dengan template undangan yang semakin bervariasi dan sekali lagi lagi design-nya ke kinian. Kalau kalian kreatif dan punya banyak waktu (juga keinginan) untuk nge-design undangan sendiri, sekarang sudah banyak referensi bertebaran. Coba sering-sering buka Pinterest, banyak banget inspirasi undangan yang keceh. Review yang ini juga menyusul di postingan terpisah yah... (Review Vendor Cetak Undangan Kekinian Dan Murah Di Jakarta)
Source: https://id.pinterest.com/pin/549720698242081871/
Source: https://id.pinterest.com/pin/1618549843047645/

Souvenir. Ini nih kecil tapi gak kalah pusing nyiapinnya. Banyak blogger yang bilang cari di Jatinegara. Selain di Jatinegara di Pasar Asemka daerah kota tua juga banyak yang menjual souvenir. Pinter-pinter milih aja. Sekarang banyak juga loh yang menjual souvenir online. Buat yang sibuk bangeettt (pake bangeett ya sampe gak sempet pergi-pergi), pas sekali kan. Kalian tinggal pilih lewat foto, terus bayar dan tunggu kiriman souvenirnya deh. Cek Review OnlineShop Souvenir Pernikahan Murah
Source: https://id.pinterest.com/pin/151433606193391921/
Source: https://id.pinterest.com/pin/338966309428417985/

Terpenting dari semuanya, jaga kondisi fisik dan psikis. Jangan sampai tumbang menjelang acara apalagi sampai stress berat. Enjoy every moments girls (semoga yang baca ini cewe-cewe semua). Pergi cari-cari ini itu jadi tahu lokasi yang belum pernah didatangi. Jadi tahu harga-harga secara mau jadi "akuntan" di rumah baru. Kesel-keselan sama keluarga dan atau cami...wajar (asal jangan kelamaan) kan jadi cerita nantinya setelah acara terlewati.

Semangat kalian (dan saya) yang akan menyambut 'kehidupan baru'. Semoga lancar semua rencana. Barakallahu lakum!!

Salam..


You Might Also Like

0 komentar

Jika ada pertanyaan atau apapun silahkan tinggalkan komentar dibawah ya. Terimakasih sudah berkomentar dengan sopan.

Facebook Page

Google+ Followers

Member Of

Member Of

Bloglovin

Follow my blog with Bloglovin Follow