Menu Buka Puasa- Resep Kolak Biji Salak (Candil) Mudah dan Enak

12:42 AM

Assalamualaikum

Marhaban Ya Ramadhan

Halo ladies.. Selamat berpuasa bagi yang menjalankan!! Semoga puasa kita berkah dan diterima oleh Allah S.W.T Amin.. 

Kali ini saya mau buat edisi spesial Ramadhan yaitu menu buka puasa. Saya akan membagikan resep-resep takjil dan masakan yang saya masak di bulan puasa ini. Akan saya beri label Hayu Masak untuk setiap resep yang saya posting, agar kalian bisa dengan mudah menemukan resep lainnya. Saya belum tahu nanti setelah Ramdhan akan tetap menulis resep masakan atau tidak. Siapa tahu setelah puasa semangat memasak saya juga masih tetap membara...hahaha. 
Resep pertama yang saya ingin bagi adalah Resep Kolak Biji Salak (Candil). Ini menu takjil saya dihari kedua puasa. Memutuskan membuat ini karena suami minta dibuatkan kolak biji salak (suami menyebutnya candil). Alhasil saya belajar dulu resep dari youtube. Tapi tahu kan pengalaman itu memang guru yang paling berharga. Setelah mempraktekan resepnya kemarin saya jadi tahu beberapa tips dalam membuat kolak biji salak(candil). Saya akan bagi tips-nya diresep dibawah ya. Takarannya mungkin ada yang diluar dari kebiasaan tetapi ini takaran yang paling pas menurut selera saya. Kalau kalian ingin menambahkan atau mengurangi takaran sesuai selera kalian, monggo silahkan. Karena setiap orang seleranya pasti berbeda. Ok, tanpa banyak cerita lagi yuk simak resepnya dibawah ini.

Bahan:

  • 1Kg Ubi merah/kuning (bisa diganti ubi yang lain)
  • 1/4 Kg Tepung kanji
  • 1/4 Kg Gula Jawa/Gula Aren
  • 250mL Santan
  • 600mL Air (untuk air gula)
  • Sejumput garam


Cara Membuat:

Biji Salak(Candil)

  1. Sediakan air rendaman. Kupas ubi, kemudian potong kecil-kecil dan rendam didalam air. Ubi yang telah dikupas direndam air agar tidak berubah menjadi hitam.
  2. Rebus ubi yang telah dikupas dengan air secukupnya sampai ubi empuk (sekitar 20-30 menit).
  3. Kemudian setelah ubi matang, tumbuk menggunakan tumbukan. Jika tidak ada tumbukan bisa pakai sendok ubi yang telah matang akan mudah dihancurkan.
  4. Tambahkan tepung kanji sedikit demi sedikit. Tidak harus tepat 1/4Kg. Disesuaikan dengan kondisi kadar air ubi. Tambahkan tepung kanji sampai adonan kalis (tidak lengket).
  5. Bentuk bola-bola (ukuran sesuai selera). Sementara itu rebus air hingga mendidih.
  6. Jika air sudah mendidih rebus bola-bola ubi. Bola-bola yang telah metang akan mengapung. Tunggu sebentar setelah mengapung kemudian angkat dan tiriskan. Jangan terlalu lama merebus bola-bola ubi karena akan mudah hancur.


Air Gula

  1. Rebus air, kemudian tambahkan gula jawa yang telah disisir halus (agar mudah larut).
  2. Jika suka manis dapat menambahkan gula pasir
  3. Tunggu sampai mendidih. Kemudian angkat dan saring. Proses ini saya lakukan karena gula yang saya beli di pasar biasanya akan ada serbuk-serbuk. Jika kalian pakai gula jawa dengan kualitas bagus langkah penyaringan bisa dilewatkan.
  4. Setelah disaring panaskan air gula kembali dan tambahkan tepung kanji yang sudah dilarutkan air. Aduk rata. Penambahan tepung kanji betujuan mengentalkan air gula. Jika suka air gula yang kental bisa menambahkan larutan tepung kanji agak banyak.
  5. Setelah mendidih masukan biji salak kedalam air gula. Kemudian matikan api.


Santan

  1. Tambahkan sejumput garam kedalam santan agar santan lebih gurih.
  2. Masak santan sampai mendidih. Selama memasak aduk terus santan agar tidak pecah.


Cara penyajian kolak biji salak ini biasanya santan disiramkan kedalam campuran biji salak dan air gula pada saat akan disantap. Tetapi ada juga yang lebih suka langsung dicampurkan santannya (seperti suami saya). 

Nah itu lah Resep Kolak Biji Salak (Candil) untuk menu takjil berbuka puasa, mudah bukan? Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai resep ini silahkan komen dibawah. Share juga menu buka puasa favorite kalian semua di kolom komen dibawah ya..
Sampai ketemu diresep berikutnya.. 


You Might Also Like

0 komentar

Jika ada pertanyaan atau apapun silahkan tinggalkan komentar dibawah ya. Terimakasih sudah berkomentar dengan sopan.

Facebook Page

Google+ Followers

Member Of

Member Of

Bloglovin

Follow my blog with Bloglovin Follow