#PreggyTips: Tips Memilih Maternity/Nursing Bra

9:54 PM

Assalamualaikum Ladies!! 珞

Memasuki Trimester kedua kehamilan ini, saya merasa sudah lebih bersemangat. Jadi sepertinya saya mulai bisa ngeblog lagi. Saya mau berbagi beberapa tips buat para calon ibu muda seperti saya. Semua berdasarkan pengalaman pribadi dan hasil saya membaca informasi dari berbagai sumber (buku, blog atau media lainnya). Semoga tips yang akan saya bagikan bisa bermanfaat. Amin..
Untuk tips pertama, saya pilih mengenai maternity bra. Ada beberapa yang bilang maternity bra tidak terlalu penting. Tapi buat saya pribadi ini penting. Karena saya mengalami perubahan hormon yang mengakibatkan perubahan pula pada payudara saya. Buat para ibu yang pernah hamil dan sedang hamil pasti mengerti . Perubahan pertama yang saya rasakan hanya seperti ketika menjelang haid, payudara terasa lebih sensistif. Kemudian seiring dengan berkembangnya janin, payudara akan terasa lebih besar dari ukuran sebelumnya. Saya merasa bra yang saya miliki sudah tidak nyaman dipakai, karena kebanyakan bra yang saya miliki sebelum hamil adalah bra berkawat dan ukurannya pun sudah kekecilan. Akhirnya saya memutuskan untuk membeli bra khusus ibu hamil/menyusui. Awalnya bingung karena banyak model dan merk. Belum tahu mana yang nyaman dan beli ukuran apa. Sampai akhirnya cari informasi dan trial and eror..hehe.
Berikut beberapa tips yang berhasil saya rangkum, untuk kalian pertimbangkan sebelum membeli maternity/nursing bra.
Contoh maternity bra (sumber: Mooimom)
Bagian belakang (sumber: Mooimom)

  1. Bahan Bra. Pilih bra dengan bahan katun, karena menyerap keringat, nyaman dipakai apalagi ketika malam hari.
  2. Model Bra. Sebaiknya saat hamil dan menyusui hindari pemakaian bra berkawat. Ketika hamil dan menyusui ukuran payudara akan lebih besar dari sebelum hamil. Pemakaian kawat hanya akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Saya sendiri selama hamil merasa "ngap" kalau pakai bra yang berkawat. Pilih bra yang memiliki bukaan (kancing/pengait) berfungsi ketika nanti menyusui. Saya pribadi belum pernah mencoba yang model bukaan. Tapi kalau disuruh memilih saya lebih suka yang bukaan atas yang ada pengaitnya atau model yang cross over. Untuk sementara saya baru punya bra yang model cross over, menurut saya modelnya lebih nyaman karena seperti miniset. Pilih juga bra yang ada pads. Ibu bekerja akan tahu manfaatnya. Sekarang ini model nursing bra sudah sudah lebih beragam. Tetap cantik sekaligus nyaman.
  3. Ukuran Bra. Sebaiknya beli ukuran lebih besar dari sebelum hamil. Bahkan jika nanti bra akan dipakai setelah melahirkan, beli ukuran lebih besar lagi. Saya menyediakan ukuran normal yang saya pakai, 1x lebih besar dari ukuran normal saya dan 2x lebih besar dari ukuran normal. Ini berfungsi ketika nanti menyusui, saat payudara sedang penuh dengan ASI kita bisa pakai ukuran yang besar sedangkan ketika payudara sedang normal kita bisa pakai ukuran normal.
  4. Harga. Prinsip saya kalau beli barang, "ono hergo ono rupo". Ada harga ada kualitas. Asal harganya tidak keterlaluan mahal gak masalah. Karena paling tidak amannya punya 5-7 potong bra kan lumayan kalau harganya mahal. Budget sekali beli bra saya target sekitar Rp 150.000. Saya gak beli bra sekali banyak kok, nyicil aja. Kalau merk Mooimom harganya memang agak mahal tapi Mooimom itu yang menurut saya maternity bra paling enak. Kalau beli di website resminya bisa sampai Rp 150.000. Kalau beli di onlineshop shopee Rp 150.000 bisa dapat 2 bra. Merk Lydyly juga lumayan murah harganya sekitar Rp 45.000. Rp 150.000 bisa dapat 3 bra Lydyly atau kalau mau merk Sorex sepertinya juga sudah ok.
  5. Sediakan kantung cuci khusus bra. Bra bag untuk mencuci di mesin cuci. Saya pernah punya bra yang menurut saya harganya mahal. Tapi karena setiap mencuci saya asal jadikan satu saja dimesin cuci dengan cucian lain hasilnya ya bra saya cepat rusak. Entah dibagian tali atau kawat.

Semoga tips diatas berguna bagi kalian para calon ibu muda supaya tidak galau lagi dalam mencari maternity/nursing bra ya. Kalau ada yang punya tips lainnya share di kolom komentar ya. Happy Pregnancy Mom!! See ya!! 


You Might Also Like

0 komentar

Jika ada pertanyaan atau apapun silahkan tinggalkan komentar dibawah ya. Terimakasih sudah berkomentar dengan sopan.

Facebook Page

Google+ Followers

Member Of

Member Of

Bloglovin

Follow my blog with Bloglovin Follow