#PreggyJournal: Second Trimester-Buncit, Stretch Mark, Kram dan Emosi

5:53 AM

Hi Beautiful Moms!!



Melewati fase trimester pertama kehamilan sangat melegakan rasanya . Seperti diketahui moms semua, bahwa pada 3 bulan pertama kehamilan adalah fase yang cukup berat apalagi untuk saya yang baru pertama kali hamil. Rasa mual, muntah, tidak enak makan, perubahan-perubahan pada tubuh akibat hormon membuat rasa tidak nyaman. Tetapi dengan seiring berjalannya waktu memasuki trimester kedua ini saya merasa lebih nyaman. Mual, muntah sudah tidak saya rasakan lagi. Nafsu makan saya juga sudah jauh lebih baik, walau saya memang tipe yang menjaga porsi makan agar saya tidak terserang Heart Burn (Tips Mencegah Heart Burn). Namun ada juga kondisi-kondisi yang biasanya membuat ibu hamil tidak nyaman di kehamilan trimester kedua ini.


  • Perubahan Perut
Tentu semakin berkembangnya janin pasti perut kita pun semakin membesar. Kalau saya kondisi yang membuat tidak nyaman adalah pada saat saya tidur di malam hari. Saya sudah merasa 'ngap' kalau tidur dengan posisi telentang. Sebenarnya saya merasakan sudah dari usia kandungan 3 bulan. Saya pernah membaca posisi tidur ibu hamil yang baik adalah miring ke kiri, karena dengan begitu asupan oksigen dan nutrisi untuk bayi dapat terpenuhi. Kadang saya juga miring kesebelah kanan. Posisi telentang sudah saya kurangi, ya kecuali pas tidur tidak sadar ubah posisi.

Perubahan pada perut lainnya yang mungkin dirasakan atau terlihat adalah stretch mark. Sebenarnya saya kalau saya perhatikan perut saya sih aman-aman saja. Sepertinya tidak ada stretch mark malah . Tapi gak tahu kalau dibagian lainnya. Mungkin ada beberapa moms yang sama seperti saya dan ada juga moms yang mengalami stretch mark ini. Saya baca ini hal yang wajar terjadi pada ibu hamil. Oh iya, saya berniat menulis beberapa rekomendasi cream untuk mengurangi stretch mark. Tapi saya harus baca-baca pengalaman para moms di beberapa forum dan mungkin nanti dikombinasi dengan pengalaman saya (walau belum tahu mau beli cream stretch mark atau tidak).
Bump on 18 weeks


  • Kaki dan Tangan Kram
Kram kaki saya sih mengalami banget. Secara saya gak pernah olahraga, dari sebelum hamil memang tidak suka olahraga. Jadi wajar saja kalau saya lebih sering mengalami kram pada kaki di pagi hari. Rasanya sakit sekali ya moms.... Biasanya kalau sudah kram saya pasti teriak-teriak bangunin pak suami untuk usap-usap kaki. Kalau tidak segera hilang kramnya pasti akan meninggalkan sakit/pegal di betis untuk beberapa hari. Biasanya lagi pak suami kena jatah lagi buat memijat....


  • Rasa Pegal Pada Pinggang
Pegal-pegal biasanya berasanya kalau mau tidur. Saya kalau mau tidur 'misuh' bin 'riweuh' cari posisi tidur yang nyaman. Kalau udah gini pak suami lagi nih yang dapat tugas buat elus-elus pinggang dan punggung . Soalnya rasanya tuh kalau gak dielus-elus panas pegal gitu (alasan). Maacih pak suami 


  • Emosi
Kalau ini sih yang mengeluh orang lain mungkin ya. Jangankan trimester kedua dari trimester pertama juga sudah bawaannya marah-marah mulu (eh...apa emang galak aja sayanya). Tapi seriusan saya jadi mudah tersinggung, apalagi kalau ada yang bicaranya pakai nada tinggi . Orang yang paling sering kena omelan adalah adik dan suami. Untungnya adik saya tuh udah kebal kali ya atau memaklumi kakaknya. Secara dari dia kecil udah harus menerima saya sebagai kakaknya....
Nah...kalau ke suami, saya biasanya sebel sama kebiasaan dia yang berantakan. Terus kalau dia pulang lama deuhh itu paling menyebalkan lah. Awalnya marah-marah ujungnya mah sedih seperti tidak diperhatikan gitu sama suami (lebaaayyy). Tapi ya kalau di rumah saya asik sendiri dengan kegiatan saya. Aneh ya ibu hamil.

Milestone 24 Weeks

Sepertinya itu saja sih yang kondisi tidak nyaman di trimester kedua. Selebihnya kalau kondisi moms sehat, dedek bayi juga sehat sepertinya semua nyaman-nyaman saja. Makan apapun enak, sudah tidak ada bau mengganggu, mual atau muntah. Moms juga biasanya sudah lebih segar wajahnya. Kondisi-kondisi diatas hanya berdasarkan yang saya alami ya moms. Mungkin ada yang beda yang dialami moms lainnya. Share yuk di kolom komen... Tapi apapun kondisinya, harus tetap happy ya menjalani kehamilannya. Sampai jumpa di #PreggyJournal selanjutnya 


You Might Also Like

0 komentar

Jika ada pertanyaan atau apapun silahkan tinggalkan komentar dibawah ya. Terimakasih sudah berkomentar dengan sopan.

Facebook Page

Google+ Followers

Member Of

Member Of

Bloglovin

Follow my blog with Bloglovin Follow