#PreggyTips: DIY Maternity Photoshoot (Dengan Budget Minimum)

12:24 AM

Hi Beautiful Moms!


Setiap kali buka Instagram dan lihat foto-foto maternity dari para artis & selebgram kok keceh-keceh banget ya. Pas lihat foot note fotografernya, hmmm iya pantas lah keceh ya cyiinn . Paling banyak foto-fotonya hasil jepretan RioMotret dan Diera Bachir. Duh..kebayang ya moms budget untuk fotografi dan videografi kehamilan kalau fotografernya mereka. Kalau saya sih tentu lah tak sanggup bayarnya biarpun ngambil paket yang paling murah...螺.
Tapi gimana ya emak hamil ini pengen banget gitu punya kenang-kenangan foto pas lagi hamil (padahal udah banyak banget foto). Akhirnya sebagai emak hamil dengan kreatifitas tinggi, saya pun mencari cara agar tetap bisa foto keceh dengan budget minimum (apalagi kalau no budget itu lebih kreatif lagi pasti ). Biasanya foto maternity dilakukan ketika usia kandungan diatas 30 minggu (biar perutnya sudah keliatan besar). Kalau saya kemarin foto di usia kandungan 34 minggu, tadinya mau pas usia 36 atau 38 minggu tapi kebayang pasti udah 'ngap' pergi-pergi kalau semakin besar kandungan. 
Saya mau berbagi tips nih buat moms yang ingin melakukan maternity photo shoot tetapi gak mungkin mengeluarkan dana besar (secara ya perlengkapan bayi lebih penting untuk dipersiapkan). Apa saja tipsnya? Yuk simak dibawah ini...


  • Pilih Tema Foto
Pertama tentukan tema foto. Kalau dilihat tema foto maternity yang paling minim budget adalah tema yang kasual. Tidak memerlukan banyak properti atau kostum. Moms dan suami tinggal menyiapkan pakaian kasual paling keceh yang sudah dimiliki, jadi tidak perlu membeli baju baru deh. Moms bisa pakai dress dari bahan kaos, kaos+celana jeans hamil atau kalau masih muat pakai dress formal yang biasa dipakai kondangan. Lalu suami bisa pakai kemeja+jeans, kaos+jeans atau kalau ingin formal juga bisa pakai kemeja+celana bahan. Pokoknya mix and match saja pakaian yang ada dilemari...
Temanya foto bareng Captain Amerika

Kalau saya kemarin sempat galau mau pakai baju apa, secara semua dress kondangan sudah tak muat dan dress bahan kaos beberapa panjangnya ngatung dibagian depan karena perut sudah buncit. Celana jeans sudah ditinggalkan sejak lama dan gak punya celana jeans hamil. Untung saja setelah bongkar-bongkar lemari masih ada satu dress warna merah yang masih muat dan panjangnya juga pas tidak ngatung. Lalu dipadukan dengan jaket jeans biar terkesan kasual. Makeup? Iya dong pasti lah pakai biar gak buluk-buluk banget pakai bedak, mascara, dan tidak lupa gincu dengan warna cetar. Makeupnya sendiri aja ya moms, kan gak perlu makeup yang tebal gimana gitu. Kalau pak suami pakai kaos andalan dia dan celana jeans. Pas suami pakai kaos itu saya berasa foto sama Captain America deh..

  • Tentukan Lokasi
Tentukan lokasi foto ingin indoor atau outdoor. Jika indoor lebih baik dilakukan dirumah sendiri. Jika outdoor sebelumnya moms bisa survey terlebih dahulu ke lokasi tersebut jika diperlukan. Lokasi foto sesuai dengan keinginan dan budget moms. Kalau ada budget lebih bisa ditempat wisata seperti kebun raya bogor, hutan mangroove, penangkaran rusa atau tempat wisata yang dekat dengan rumah biar gak lelah diperjalanan. Jangan lupa pastikan kita tahu ketentuan tempat wisata tersebut jika kita akan membawa peralatan kamera. Karena setiap tempat wisata memiliki ketentuan yang berbeda-beda.
Kanan jalanan, Kiri lapangan bola
Nah...kalau mau yang minim budget moms bisa cari taman kota atau tempat di dekat rumah dengan pemandangan yang bagus dan menarik. Saya sendiri melakukan foto di pinggir jalan perumahan tetangga... Tempatnya lumayan kalau buat foto karena banyak pepohonan. Memang sih jadi malu kalau tetiba ada orang lewat yang ngeliatin. Tapi cuek aja lah ya kan jadi berasa model pro kalau diliatin . Untungnya kemarin kami foto pada pagi hari sekitar jam 9, jadi tidak banyak orang yang duduk-duduk disepanjang jalan. Kalau sore pasti ramai jadi susah cari background nantinya.

Mau foto gandengan ala-ala prewed tapi gagal, maklum dulu gak pake prewed

Candid

  • Persiapkan Peralatan
Nah ini yang penting. Karena tidak semua moms memiliki kamera DSLR atau Mirorless mungkin bisa disiasati dengan meminjam kamera ke teman dekat. Kalau perlu pinjam sekaligus dengan yang punya kameranya (untuk dijadikan fotografer). Kalau kamera HP sudah dirasa cukup moms juga bisa pakai kamera HP. Kebetulan saya punya kamera jadi saya tinggal mencari fotografernya saja. Saya minta tolong ke teman suami untuk menjadi fotografer. Moms, yang dimintai tolong harus bisa pakai kamera dan bisa foto ya. Biar hasilnya bagus.
Fotografer dadakan kami, kakak Acep ini punya bakat terpendam buat cari angle yang bagus. Jadi saya mah percaya hasil foto-foto bagus ini berkat bakat beliau juga. Oh iya yang mau kepoin orangnya silahkan lihat IG @ceppnur hehehe... 
Kakak fotografer

Daripada moms menyewa fotografer pro, lebih baik minta bantuan teman sendiri lalu nanti moms bisa kasih hadiah atau traktir makan/nonton sebagai bentuk terimakasih. Sebenarnya moms juga bisa foto pakai tripod, jadi tinggal pasang timer di kamera lalu bergaya deh. 
Properti lain yang bisa dipersiapkan misalnya hasil foto USG, pakaian bayi, sepatu bayi, papan dengan tulisan atau balon. Kemarin kebetulan masih ada balon  sisa waktu acara pernikahan (dah lama yaa buuk) jadi saya bawa saja untuk dipakai foto. Lalu ada flower crown punya adik saya bekas dia sidang dan warnanya pas dengan dress yasudah dipakai saja... Jadi moms manfaatkan saja apa yang ada dirumah..


  • Edit Foto
Kalau moms tipe yang puas apa adanya dengan hasil foto ya bisa saja langsung publish atau cetak fotonya. Kalau saya sih pasti saya edit dulu fotonya. Diatur-atur brightness, contrast dll biar fotonya tambah kece. Moms bisa pakai aplikasi edit foto apapun. Untuk di PC biasanya saya pakai Photoshop, LightRoom dan untuk di HP saya biasa pakai Snapseed, Vsco, PicArt dll.
Edit pakai Snapseed
Versi foto sendiri

Nah Maternity photo gak harus mengeluarkan biaya besar kan . Moms bisa siasati dengan tips-tips diatas. Apalagi jaman sekarang semua sudah punya smartphone yang bisa digunakan buat foto dan hasilnya pun sudah bagus. Oh iya InsyaAllah saya juga mau membagikan rekomendasi aplikasi edit foto untuk moms yang suka buat pregnancy atau baby milestone. Ditunggu yaa.
Kalau ada moms yang punya tips lainnya untuk maternity foto dengan budget minim, silahkan share ya di kolom komen. Tetap positif dan bahagia jalani kehamilannya... Sampai jumpa di #PreggyTips selanjutnya 



You Might Also Like

0 komentar

Jika ada pertanyaan atau apapun silahkan tinggalkan komentar dibawah ya. Terimakasih sudah berkomentar dengan sopan.

Facebook Page

Google+ Followers

Member Of

Member Of

Bloglovin

Follow my blog with Bloglovin Follow