Review Hayuni: Melahirkan Aman, Nyaman dan Terjangkau Di Klinik Mutiara Bunda

8:59 PM


Hi beautiful moms!!


Saya mau sedikit berbagi informasi mengenai Klinik bersalin tempat saya lahiran. Sebenarnya saya sudah menulis sedikit di draft tulisan saya yang Tips Memilih Tenaga Kesehatan. Tapi draft itu tetap menjadi draft yang belum sempat juga saya publish di blog..huhuhu. Karena pengalaman melahirkan Sabina di Klinik Mutiara Bunda sangat berkesan maka saya memutuskan untuk menuliskan pengalaman saya ini dalam satu postingan tersendiri. Sebagai bentuk terimakasih juga kepada tim bidan di Klinik Mutiara Bunda.
Jadi, Klinik Mutiara Bunda ini milik seorang bidan bernama Siti Rochma. Saya tau klinik ini dari forum ibu hamil yang memberikan informasi mengenai tenaga kesehatan yang mendukung gentle birth. Birth plan saya sendiri sih tidak muluk-muluk, saya hanya ingin lahiran normal, IMD (no SuFor) dan room in dengan bayi. Saya tidak bermaksud menjelekan RS tempat saya periksa kehamilan yang sebelumnya, hanya saja saya dapat cerita teman saya yang lahiran disana menandatangani surat bermaterai mengenai pemberian susu formula untuk bayinya dengan alasan air susunya belum keluar (apa prosedur di semua RS begitu?). Ya walaupun pihak RS memberikan pilihan tapi tetap saja tidak sevisi dengan saya. Maka saya mencari-cari tenaga kesehatan lainnya. Akhirnya menemukan Klinik Mutiara Bunda.
Periksa disana saat usia kandungan saya 6-7 bulan. Ada fasilitas USG jadi bisa melihat perkembangan janin. Lalu saya diberi penjelasan apa saja yang harus dilakukan dan diketahui saat usia kandungan 7 bulan. Saya diberi beberapa tips untuk memaksimalkan posisi janin. Terbiasa dengan Obgyn saya yang minim penjelasan saya jadi merasa ‘kenapa gak dari awal periksa disini ya’. Saya bisa tanya jika ada yang kurang jelas. Bidan Rochma beserta tim juga ramah sekali. Mama saya saja yang saat itu menemani saya lahiran bilang “Bidannya ramah banget ya mba, sabar bangettt...Alhamdulillah ya mba bisa lahiran disitu”. Memang super deh tim bidan Mutiara Bunda, saat saya datang ke klinik saya langsung ganti baju bersalin, VT baru pembukaan 2. Saya diminta goyang di gym ball dan kalau berasa kontraksi istirahat. Selama kontraksi saya dipijitin loh sama bidannya.
Peanut Ball (Doc: Mutiara Bunda)

Gym Ball (Doc: Mutiara Bunda
Lokasi Klinik Mutiara Bunda ada di perumahan Villa Mutiara. Namanya klinik pasti tidak sebesar RS ya tapi ruang periksa dan kamar bersalinnya bersih dan nyaman. Bu bidan Rochma sepertinya suka dengan design shabby chic gitu jadi tema kamarnya semua shabby chic. Karna saking nyamannya kamar bersalin jadi serasa dirumah sendiri gitu. Mungkin itu yang membuat persalinan kemarin berlangsung cepat (Baca: My Birth Story).
Kamar Bersalin (Doc: Mutiara Bunda)

Box Bayi (Doc: Mutiara Bunda)

Di Mutiara Bunda juga ada jasa baby spa. Bisa dipanggil kerumah loh. Kira-kira mau gak ya kalau ke Cibarusah? Hehehe. Untuk imunisasi dasar, ada lengkap di Mutiara Bunda. Kemarin setelah lahiran Sabina sudah dapat imunisasi Hepatitis B dan suntik vit K.

Ada yang lebih menarik lagi nih, kalau lahiran disini bisa newborn photoshoot loh. Pastinya fotonya kece dan kekinian. Saya kira fotonya berbayar tapi sepertinya tidak, memang bu bidannya suka mendokumentasikan para bayi yang lahir di Mutiara Bunda. Biaya lahiran normal termasuk terjangkau. Kemarin kalau saya totalnya Rp 2.700.000 menginap semalam. Kalau mau lahiran di Mutiara Bunda gak perlu bawa perlengkapan bayi banyak, karena sudah disediakan termasuk popok sekali pakai. Bahkan kemarin Sabina dapet jumper dan bedong dibawa pulang. Senangnya…
Hasil Photoshoot
Dapat Totte Bag

Alamat Lengkap Mutiara Bunda



Melahirkan di klinik bidan atau RS itu balik lagi ke pilihan pribadi masing-masing. Tapi yang penting kita harus tahu dan paham prosedur yang ada dan pastinya sejalan dengan apa yang kita inginkan. Semoga moms semua yang kebetulan mau lahiran diberikan kelancaran dan sehat ya. Amin. Sampai jumpa di postingan selanjutnya..
Salam...

Oia bisa juga dengarkan podcast review klinik mutiara bunda di:

Podcast-04





You Might Also Like

9 komentar

  1. mom, biaya lahiran dan menginap 1 malam Rp.2.700k ini lahirannya tahun brp ya ? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mom!! Terimakasih sudah mampir di blog ini.

      Aku lahiran tahun 2018 bulan Maret. Belum setahun mom. Sepertinya biaya tidak akan jauh dari kisaran itu. Paling penting sih aku puas dengan pelayanannya. Sangat nyaman juga.. :)

      Delete
    2. hi juga mom. sama2.terima kasih infonya ya mom.
      kemarin sudah sempat WA jg, mudah2an berjodoh sama klinik ini.

      Delete
  2. Hy bunda, kebetulan aku hpl maret 2019 dan lg cari nakes yg pro normal & bisa vbac .

    Klo bole tau, jarak dari cibarusah ke klinik bidan rochma jauh gag ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi.. Bunda. Saya dapet kabar terbaru dari Bidan Rochma. Beliau sudah tidak menangani VBAC. Kalau mau bisa ke RSIA Nurul Anisa dengan dr. Hasan. Beliau bisa menangani VBAC..
      Jarak dari Cibarusah lumayan jauh bund, RSIA Nurul Anisa letaknya di Sukaresmi, sebelum perempatan LIPPO. Kalau klinik Mutiara Bunda ada di Perumahan Villa Mutiara 2..

      Delete
  3. Hai bunda maksie atas ulasanny kbetulan saya lg cari bidan wat lahiran hpl saya bulan april besok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat bunda.. Semoga lancar persalinannya. Sehat ibu dan bayinya. Amin.. :)

      Delete
  4. Hai bunda..kebetulan pngen bgt pperiksa di sana..klo boleh tau biaya usg nya brp ya..sma 4d/3d kah ?..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo bunda. Biasanya kalau periksa hamil sekitar Rp 100.000. Dulu bidannya yang USG. Tapi kalau sekarang kurang tau. USGnya yang biasa 2D..

      Delete

Halo.. Silahkan jika ada pertanyaan atau sesuatu yang ingin di share di kolom komentar. Setiap komentar yang masuk akan saya moderasi terlebih dahulu. Terimakasih telah berkomentar dengan sopan.. :)

Blog Archive

Member of

Instagram