Motherhood: Peralatan Tempur ASIP Sabina

1:15 AM



Hi beatiful moms!

Mumpung Sabina lagi bobo, mau cerita mengenai peralatan tempur untuk ASIP. Tapi ini hanya sekedar share ya moms. Apalah saya hanya debu diantara moms berpengalaman semua..(lebaayy). Jadi seperti niatan saya dari awal, saya ingin memberikan ASIX untuk Sabina walaupun saya harus bekerja. Saya membekali diri terlebih dahulu (walaupun agak telat juga) sebelum mulai bekerja kembali. Saya baca buku mengenai ASI (bikin postingan rekomendasi buku juga kali ya) supaya tahu bagaimana Manajemen ASIP yang baik. 
Nah apa saja peralatan tempur ASIP yang saya siapkan, berikut list-nya:
  • Pompa ASI
Sebaiknya ketika memutuskan untuk membeli pompa ASI moms baca terlebih dahulu review mengenai merk pompa yang akan moms beli. Pertimbangan kondisi moms dan juga sesuaikan dengan budget. Berdasarkan pengalaman saya untuk ibu bekerja lebih baik pilih yang elektrik double pump. Dengan kondisi pekerjaan yang menumpuk moms bisa menghemat waktu pumping. Tetapi untuk yang elektrik pertimbangan ketersediaan listrik di tempat moms pumping ya. Kalau tidak ada colokan ya moms pilih pompa elektrik yang bisa menggunakan baterai. Saya pribadi menggunakan pompa Real Bubee double pump (lihat review disini). Sampai saat ini saya puas dengan performa pompa ASI Real Bubee.
Pompa ASI Real Bubee

  • Cooler Bag ASI
Saya pakai cooler bag dari Gabag. Bebas aja sih mau pakai cooler bag merk dan jenis apa. Sekarang ini kan banyak sekali model cooler bag yang bagus-bagus. Pertimbangkan yang memiliki 2 sekat kalau moms jika menggunakan pompa elektrik. Malah sekarang ada ya cooler bag yang model back pack. Jadi nyesel kenapa kemarin gak beli yang model back pack saja. Buat pemotor seperti saya kan jadi lebih ringkas, gak perlu nenteng 2 tas. 


Cooler Bag GABAG

  • Ice Gel atau Blue Ice Pack
Fungsi Ice Gel dan Blue Ice Pack ini untuk menjaga suhu di dalam cooler bag tetap dingin. Biasanya kalau beli cooler bag sudah dapat ice gel. Tapi gak ada salahnya sih beli blue ice pack untuk disimpan di freezer, persiapan kalau-kalau listrik padam. 
  • Wadah ASIP
Wadah ASIP juga sekarang beragam. Bisa pakai botol kaca, botol plastik BPA free atau kantong ASI. Sebenarnya sih lebih bagus pakai botol kaca, lemak ASI tidak akan menempel diwadah tapi penyimpanannya akan memakan tempat di freezer. Kalau punya freezer khusus ASIP sih ya gak masalah pakai botol kaca.


Botol Kaca ASI

  • Nursing Cover
Kenapa butuh nursing cover? Di tempat saya bekerja tidak ada ruangan khusus laktasi. Jadi saya memanfaatkan ruangan yang tidak terpakai. Ruangnnya berjendela kaca. Sebagian jendela menghadap keluar ditutup oleh roller blind, sedangkan jendela menghadap dalam dipasang sticker tapi itu juga tidak full. Jadi ruangnya tidak benar-benar tertutup rapat walaupun pintu bisa dikunci dari dalam. Mencegah hal yang tidak diinginkan maka saya pakai nursing cover yang model melingkar atau bisa juga menggunakan mukena atas. Realita yang harus dihadapi tapi harus tetap semangat..

Nursing Cover

  • Cemilan dan minuman
Yuhu kalau habis pumping pasti moms merasa lapar dan haus kan. Supaya ASI lancar perut harus tetap terisi.
  • Handphone
Ini sih biar gak sepi aja kalau sendirian pumping. Kan bisa lihat foto atau video Sabina. Atau bisa buat sambil Youtube-an....
  • Label dan Alat Tulis
Kalau ini untuk memberi label di wadah ASIP
Perjalanan menuju tempat pumping

Itu semua yang saya bawa ketika pumping. Banyak? Ribet? Gak sih, saya menikmati keribetan itu demi memberikan yang terbaik untuk Sabina..eaaa. Sama kah peralatan tempur ASIP kita moms? Kalau ada tambahan silahkan share di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat untuk moms yang baru akan mempersiapkan peralatan ASIP. Happy pumping!! See you!! 



You Might Also Like

0 komentar

Jika ada pertanyaan atau apapun silahkan tinggalkan komentar dibawah ya. Terimakasih sudah berkomentar dengan sopan.

Facebook Page

Google+ Followers

Member Of

Member Of

Bloglovin

Follow my blog with Bloglovin Follow