Motherhood: 10 Aktivitas Yang Bisa Ibu Lakukan Ketika Cuti Hamil

1:35 AM



Hi beautiful moms!

Siapa disini yang akan mengajukan cuti hamil? Terbayang bagi ibu yang sudah terbiasa dengan segudang aktivitas bekerja pasti memikirkan apa yang nanti akan dilakukan ketika cuti hamil. Tapi ada juga yang sudah tidak sabar cuti hamil, karena sudah merasa lelah bekerja dengan perut yang besar. Saya adalah tim kedua...hehehe karena lokasi rumah dengan tempat kerja yang cukup jauh, jadi rasanya ingin cepat-cepat cuti hamil kala itu. Saat hamil Sabina, saya mengajukan cuti 1 bulan sebelum lahiran. Alasannya ya karena sudah lelah menghadapi jalanan macet, lalu alasan lainnya karena ingin fokus mempersiapkan diri sebelum lahiran. Lalu setelah cuti mau ngapain? Adakah beautiful moms disini yang bingung apa yang akan dilakukan selama cuti? 
Berikut 10 aktivitas yang bisa dilakukan ketika cuti hamil. Aktivitas ini bisa dilakukan selama moms menunggu kelahiran buah hati tercinta ya. Jika sudah lahiran saya yakin cuti hamil akan terasa cepat terlewati 

1. Exercise (Olah raga atau latihan)

Walaupun alasan moms cuti hamil lebih cepat adalah lelah atau ingin istirahat tapi jangan sampai menjadikan moms melupakan olah raga. Di minggu-minggu terakhir kehamilan memang rasanya malas sekali untuk bergerak, tapi justru olah raga itu sangat diperlukan untuk memperlancar persalinan. 
Moms bisa melakukan jalan cepat dengan langkah lebar setiap pagi. Lalu lakukan squat untuk membuka panggul sehingga posisi janin bisa optimal. Untuk moms dengan kehamilan normal dan sehat pokoknya harus tetap bergerak jangan leyeh-leyeh mulu, kalau ingin persalinannya lancar loh ya .

2. Baca Buku (atau sumber informasi lainnya)

Coba lihat lagi rak buku disudut ruangan, ambil buku favorit moms. Setelah ada bayi nanti, kemungkinan besar moms tidak akan sempat untuk membaca buku favorit. Jadi tidak ada salahnya membaca buku favorit sebelum bayi lahir. Atau moms juga bisa membaca buku-buku parenting sebagai bekal untuk nanti ketika sudah memiliki bayi. Percaya deh, jika sudah punya bekal semua akan terasa lebih mudah. Menjadi orangtua memang tidak ada sekolahnya, tapi ada ilmunya maka banyak-banyak lah membaca ya.

3. Ikut kelas edukasi

Ilmu yang diperoleh dari buku terkadang ada yang membingungkan. Alangkah lebih baik lagi jika moms bisa ikut kelas edukasi, seperti kelas edukasi menyusui, kelas pijat bayi, kelas MPASI atau sekedar ikut seminar kesehatan ibu dan bayi. Saya yakin penjelasan dari para ahli lebih bisa dipercaya kan moms.

4. Pergi ke Bioskop

Ajak pak suami untuk ke bioskop. Karena setelah bayi mungil lahir, akan sulit menemukan waktu yang pas untuk ke bioskop bahkan hampir tidak mungkin. Jangan jadi orangtua egois yang membawa bayi atau anaknya ke bioskop apalagi menonton film yang bukan untuk usia si anak. Jadi pergunakan waktu sebelum lahiran untuk menikmati nonton di bioskop berdua pak suami.

5. Prenatal Spa

Percantik diri. Datangi salon khusus ibu hamil untuk sekedar melakukan spa atau treatment lainnya yang diperbolehkan untuk ibu hamil. Karena masa-masa peperangan akan dimulai jadi bersiap lah dengan mempercantik diri .

6. Gabung Grup Ibu dan Bayi

Terkadang perlu untuk kita sebagai ibu memiliki sebuah komunitas, untuk tetap update dengan informasi-informasi terbaru. Semenjak jadi ibu, saya mengikuti beberapa grup facebook atau whatsapp. Seperti grup yang membahas gendongan Indonesian Baby Wearers, Cikarang Baby Wearers atau grup berdasarkan lokasi tempat tinggal moms semua. Ada juga grup mengenai MPASI, seperti HHBF (Homemade Healthy Baby Food). Atau cari grup sesuai dengan hobi moms.


7. Baby nesting (Mempersiapkan peralatan bayi)

Baby nesting, beberes peralatan bayi. Cuci-cuci baju bayi, persiapan perlengkapan bayi juga. Biasanya di trimester akhir kehamilan ibu akan lebih sering ingin bersih-bersih. Tapi moms harus ingat jangan terlalu lelah ya.

8. Mencoba cafe atau restauran baru

Jangan lupa untuk mencoba wisata kuliner. Tempat yang dekat dengan rumah saja. Mungkin ada tempat makan yang belum pernah dikunjungi. Tapi ingat BB ya moms.. 

9. Bertemu dengan teman

Tidak ada salahnya mengundang sahabat untuk berkunjung kerumah untuk bercerita. Bisa juga bertemu di cafe favorit atau tempat makan favorit kalian. Tapi ingat pilih lokasi yang tidak terlalu jauh dari rumah. Karena moms berada diminggu-minggu terakhir kehamilan dan harus selalu bersiap menghadapi kelahiran.

10. Do some hobbies

Moms memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan hobi ketika sudah cuti hamil. Manfaatkan waktu tersebut. Jika hobi memasak, moms bisa mencoba resep baru yang belum pernah dicoba. Atau jika moms hobi menjahit bisa lakukan projek menjahit pakaian atau aksesoris bayi. Pokoknya lakukan apa yang moms sukai.

Dari 10 aktivitas diatas, yang paling penting adalah moms tetap happy agar bisa menghadapi persalinan dengan lancar. Semoga 10 aktivitas tersebut bisa menginspirasi untuk moms yang akan menjalani cuti hamil. Selamat menyambut kelahiran sang buah hati tercinta ya moms!!
See you on next post!!


You Might Also Like

0 komentar

Halo.. Silahkan jika ada pertanyaan atau sesuatu yang ingin di share di kolom komentar. Setiap komentar yang masuk akan saya moderasi terlebih dahulu. Terimakasih telah berkomentar dengan sopan.. :)

Blog Archive

Member of

Instagram