Hayu Masak: Menu Buka Puasa Skippy-No Baked Peanut Butter Bar

7:34 PM



Happy Ramadhan!!

Hi beautiful Mama! Bagaimana puasanya di minggu ke-3 Ramadhan ini? Semoga masih semangat dan lancar puasanya ya. Tahun ini Ramadhan ke-2 kami bertiga (Bapak, Ibuk & Sabina). Tapi tahun ini lebih spesial lagi karena di rumah benar-benar hanya tinggal kami bertiga. Si mbah sudah kembali ke kampung, tantenya Sabina sudah menikah jadi sudah pisah tempat tinggal. Jadi Ramadhan tahun ini menjadi tantangan untuk ibuk dalam menyiapkan menu sahur dan buka sendiri.
Tentunya karena masih bapak dan ibuk saja yang berpuasa pemilihan menu pun pasti yang simple dan mudah. Biasanya kalau hari kerja ibuk lebih suka beli saja. Baru ketika akhir pekan ibuk akan rajin untuk masak dan berkreasi.
Ramadhan ini bapak Sabina lagi gak ribet menu buka puasanya, beberapa kali ditawari menu takjil bersantan dia tak mau lebih memilih kurma. Tapi bosan dong ya kalau hanya buka dengan kurma setiap hari. Nah akhirnya ibuk coba buatkan takjil untuk bapak yang simple dan gak pakai ribet untuk membuatnya. No Baked Peanut Butter Bar. Jadi selain bisa untuk menu buka puasa, peanut butter bar ini bisa dijadikan cemilan juga. Bapak tuh selama Ramadhan suka cari cemilan malam-malam, gimana BB gak naik coba pak.
Resep No Baked Peanut Butter Bar ini saya pakai Skippy Peanut Butter untuk selainya. Resep ini cocok untuk ibu bekerja karena resepnya dijamin mudah, tidak perlu pakai oven dan mixer. Berikut resep untuk menu buka puasa No Baked Peanut Butter Bar:
Alat & Bahan

Bahan
200 gram Selai Skippy Peanut Butter (Saya pakai yang Creamy Peanut Butter)
200 gram Biskuit (jenis apa saja sesuai selera)
70 gram Unsalted Butter
200 gram Coklat
50gram Gula halus (boleh tidak pakai jika tidak terlalu suka manis)

Alat
Loyang
Kertas roti

Cara membuat
  1. Siapkan biskuit, masukan dalam plastik zip atau plastik bersih lainnya.
  2. Hancurkan biskuit. Bisa menggunakan roller kayu atau pakai ulekan atau yang paling mudah bisa pakai food processor. Sisihkan.
  3. Lelehkan 70 gram unsalted butter, kemudian campurkan ke dalam biskuit yang telah dihancurkan.
  4. Tambahkan 120 gram Skippy Peanut Butter ke dalam adonan biskuit. Aduk rata adonan.
    Pakai Skippy Creamy Peanut Bar
  5. Siapkan loyang yang sudah dialasi kertas roti. Kemudian tuangkan adonan biskuit kedalam loyang. Tekan-tekan hingga rata keseluruh loyang. Sisihkan.
    Proses cetak diloyang
  6. Lelehkan 200 gram coklat bar dengan menambahkan 30 gram Skippy Peanut Butter. Melelehkannya pakai teknik double-boiler ya. Jadi taru mangkuk campuran coklat dengan skippy peanut butter diatas air mendidih.
  7. Sementara menunggu coklat leleh, lelehkan 30 gram Skippy Peanut Butter di wadah lainnya. Kalau ini bisa langsung lelehkan diatas kompor.
  8. Tuangkan adonan coklat + Skippy Peanut Butter diatas loyang yang sudah ada adonan biskuit tadi. Lalu ratakan.
  9. Terakhir tuangkan lelehan Skippy Peanut Butter diatasnya. Tuangkan dengan sendok secara acak dibeberapa bagian. Lalu dengan menggunakan pisau roti atau lidi buat lah motif seperti marmer.
    Tinggal Masukin Kulkas
  10. Setelah itu dinginkan dalam kulkas selama 2 jam agar adonan mengeras.
  11. Setelah 2 jam keluarkan dari kulkas biarkan dalam suhu ruang selama 10 menit, kemudian potong-potong besarnya sesuai selera.
Bisa disimpan di stoples untuk cemilan


Peanut Butter Bar nya bisa langsung dihidangkan sebagai menu berbuka puasa atau bisa juga disimpan dalam wadah tertutup untuk cemilan.
Mudah kan resep menu buka puasa Skippy? Dijamain selain bapak, anak-anak pasti suka juga Peanut Butter Bar ini. Ibuk tentunya juga senang karena membuatnya mudah kan.
Itu lah menu buka puasa Skippy mudah ala saya. Jangan lupa dicoba ya. Share juga yuk resep andalan ibu-ibu menggunakan selai Skippy. Share di kolom komen ya. See You!!



You Might Also Like

0 komentar

Halo.. Silahkan jika ada pertanyaan atau sesuatu yang ingin di share di kolom komentar. Setiap komentar yang masuk akan saya moderasi terlebih dahulu. Terimakasih telah berkomentar dengan sopan.. :)

Blog Archive

Member of

Instagram