Motherhood: Perlengkapan Yang Harus Dibawa Dalam Hospital Bag



Hi, Beautiful Mama (or to be)!!


Sebenarnya niatan untuk membuat artikel mengenai Perlengkapan Yang Harus Dibawa Dalam Tas Rumah Sakit ini sudah ada dari sebelum melahirkan Sabina. Tapi, saya khawatir karena belum pernah punya pengalaman melahirkan jadi daftarnya pasti hanya berdasarkan teori saja. Jadi saya memutuskan untuk membuat artikel tips ini setelah melahirkan. Supaya saya bisa kasih daftar yang sesuai dengan kondisi yang saya alami. Agar daftarnya berisi perlengkapan yang esensial. Hanya sajaa...saya baru sekarang sempat menulisnya..hehe. 

Daftar peralatan yang akan tuliskan ini semuanya berdasarkan pengalaman saya melahirkan. Standar yang saya pakai juga berdasarkan pengalaman saya melahirkan Partus Spontant. Tanpa mengurangi rasa hormat untuk yang melahirkan secara SC, untuk jenis atau jumlah perlengkapannya bisa disesuaikan ya jika mama akan melahirkan secara SC.

Disclaimer, daftar ini disesuaikan dengan pengalaman saya partus spontan di klinik bersalin bidan. Saat itu saya menginap hanya 1 malam. 

Sebelum membuat daftar perlengkapan yang harus dibawa, ada 3 hal penting yang mama harus ingat yaitu:

  • Ringkas. Usahakan semua perlengkapan yang akan mama bawa dimasukan dalam 1 tas. Tujuannya supaya tidak terlalu banyak tas. Mama bisa pakai koper supaya perlengkapan bisa masuk semua.
  • Tanyakan kepada pihak RS atau Klinik Bersalin fasilitas apa saja yang akan mama dapat ketika melahirkan disana. Mama harus tanya dengan detail. Tujuannya agar mama bisa meminimalisasi bawaan dari rumah. Tanya apakah dapat diaper newborn, pembalut bersalin, baju dll. Biasanya kalau bersalin di RS atau Klinik ada paket bersalin, nah jangan lupa tanyakan apa saja yang di dapat ketika mengambil paket bersalin A, B atau C. Jangan malu bertanya ya ma..
  • Jangan membawa semua perlengkapan. Lala... Ini berdasarkan pengalaman pribadi, saat itu saya bawa banyak barang yang ternyata malah tidak terpakai. Saat itu saya bawa pompa ASI yang ternyata tidak terpakai. Karena saat itu saya belajar memberikan ASI langsung (direct breastfeeding). Jadi daftar perlengkapan yang dibuat harus difikirkan benar-benar sih akan terpakai atau tidak. Don't be over packing!

Lalu lanjut ke Daftar Perlengkapan Yang Harus Dibawa Dalam Tas Rumah Sakit. Saya akan bagi 3 daftarnya ya. Perlengkapan untuk bayi, perlengkapan untuk Mama dan perlengkapan untuk pendamping persalinan (suami). Apa saja daftarnya? Yuk lanjut baca dibawah ini.

Perlengkapan untuk bayi
1. Diaper ukuran newborn 10pcs
(Psst FYI lagi ada diskon 22% untuk pembelian MamyPoko ukuran NB di Orami buruan yuk ma sebelum kehabisan)
2. Baju bayi. Ini tergantung preferensi mama, kalau bayi ingin dibedong bisa bawa jump suit. Kalau tidak ingin dibedong bisa bawa sleep suit yang tangan dan kaki sudah tertutup.
3. Baju untuk pulang. Kalau menurut mama ini perlu silahkan bawa kalau gak ya gak perlu juga gapapa.
4. Alat mandi bayi. Dari pengalaman saya sih peralatan mandinya dapet dari Klinik. Kalau gak dapet bawa alat mandi bayi yang perlu saja ya. Seperti sabun, sampo & minyak telon. Bayi baru lahir gak perlu krim-krim yang bermacam-macam kok. Oia sabun mandinya bisa cari yang Baby Bath and Shampoo, supaya sabun dan sampo sudah jadi satu kemasan.
5. Tissue basah. Fungsinya untuk mengganti diaper. 
6. Tissue kering. Banyak berguna pokoknya deh.
7. Miten & Kaos Kaki. Ini kalau bayi tidak dibedong atau kalau pakai baju pendek. Supaya wajahnya gak lecet kena kuku. Karena bayi baru lahir kan suka banget garuk-garuk wajah.
8. Topi Bayi. Untuk menutupi kepala bayi.
9. Hand Sanitizer
10. Bedong bayi 2-3pcs (opsional)
11. Selimut (opsional)
12. Wadah plasenta (opsional, kalau sudah dapat dari RS atau Klinik gak perlu bawa).

Perlengkapan untuk Mama
1. Pembalut bersalin 1 pack. Menurut saya lebih enak pakai pembalut bersalin ketika habis melahirkan spontan. Saya kan ada luka jahitan episiotomy saya merasa lebih nyaman ketika pakai pembalut bersalin karena biasanya lebih tebal. Siap-siap bawa lebih untuk pembalut ini, karena kan setiap 4 jam sekali harus diganti.
2. Baju kancing depan atau nursingwear untuk memudahkan mama ketika menyusui.
3. Baju pulang. Mama boleh lah bawa baju yang lebih presentable asalkan memudahkan mama dalam menyusui.
4. Underwear ukuran besar. Setelah melahirkan BB kita tidak serta merta kembali ke semula ya ma. Jadi utamakan kenyamanan.
5. Bra menyusui.
6. Korset atau gurita. Modelnya tergantung preferensi mama. Sekarang ini sudah banyak korset melahirkan yang gampang dipakainya dengan velcrow.
7. Peralatan mandi mama. Handuk, sabun, sampo, sabun cuci wajah dll (termasuk makeup kalau memang merasa perlu).
8. Pain killer. Ini yang paling saya sesali tidak saya sediakan. Pengalaman saya melahirkan setelah bius habis luka jahitannya mulai berasa sakit, padahal saat itu saya lapar pakai banget. Secara habis mengeluarkan tenaga banyak, akhirnya saya minta pain killer lagi ke bidan. Tujuannya cuma supaya bisa makan..haha.
9. Baju panjang, kaos kaki & selimut. Sehabis melahirkan saya merasa dingin. Entah kenapa saya belum tahu secara ilmu kebidannya gimana. Jadi lebih baik sediakan baju panjang atau kaos kaki atau selimut.
10. Bantal Menyusui, supaya mama lebih nyaman menyusuinya.
11. Botol semprot. Buat apa? Biasanya di RS kan pakai closet duduk yang pakai flush. Nah untuk yang partus spontan apalagi yang dapat jahitan terkadang si flush ini tuh semprotannya terlalu kuat. Jadi supaya luka jahitan gak sakit pakai botol semprot atau botol yang bisa di squeeze. Kalau ada gayung ya pakai gayung aja. ;)
12. Plastik hitam. Penting untuk membuang pembalut bekas, diaper bekas atau sampah lainnya.
13. Buku periksa kehamilan. Ini untuk jaga-jaga kalau ada kondisi emergency.

Source Pict: Freepik


Perlengkapan untuk Suami
1. Baju ganti suami. Pilih yang nyaman seperti bahan kaos.
2. Underwear
3. Jaket
4. Dokumen-dokumen seperti. KTP, KK, kartu asuransi atau kartu BPJS.
5. Charger
6. Perlengkapan foto jika ingin mendokumentasikan proses kelahiran.

Nah selesai, Daftar Perlengkapan Yang Harus Dibawa Dalam Tas Rumah Sakit. Sekali lagi daftarnya saya buat berdasarkan pengalaman pribadi saya. Maaf kalau ada yang kelewat dan tidak dimasukan. 
Menurut mama masih ada yang kurang kah? Yuk share di kolom komen kalau ada yang perlu ditambahkan lagi daftarnya.
Sekian postingan saya kali ini. Semoga daftar ini bermanfaat dan bisa membantu mama yang akan mempersiapkan Hospital Bag. Untuk mama yang akan menanti persalinan, always happy semoga semuanya diberi kesehatan agar persalinannya berjalan lancar. Amin.. Terimakasih sudah berkunjung di blog ini. See you!





2 comments

  1. Jangan sampe ky saya ya . 2x melahirkan ngga siapin hospital bag.. smua yg nyiapin mertua pas udah lahiran wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh...Alhamdulillah mertuanya perhatian dan telaten ya mba.. :)

      Delete

Halo.. Silahkan jika ada pertanyaan atau sesuatu yang ingin di share di kolom komentar. Setiap komentar yang masuk akan saya moderasi terlebih dahulu. Terimakasih telah berkomentar dengan sopan.. :)