Mengatasi Rambut Rontok Dengan Essential Oil Dari L'Neviz

review-essential-oil-lneviz


Halo cantik!! 
Siapa disini yang suka pakai essential oil? 🙋🏻‍♀️

Saat ini essential oil memang sedang naik daun ya. Banyak yang menggunakan essential oil untuk kesehatan dan kecantikan. Kalau buka instagram banyak sekali yang posting IG story lagi pakai difuser dengan essential oil. Lalu sebenarnya apa sih essential oil/minyak atsiri itu?

Sekilas tentang Essential Oil

Essential oil/ minyak atsiri adalah minyak yang diekstrak tanaman. Minyak yang hasil ekstrak akan menghasilkan wangi dan rasa unik dari setiap tanaman yang diekstrak. Essential oil dapat diperoleh dengan metode destilasi (penyulingan) atau dengan metode mekanik seperti cold pressing (seperti pada proses pembuatan VCO). 
Setelah diperoleh senyawa kimia aromatiknya kemudian digabungkan dengan carried oil untuk membuat produk yang siap digunakan. Bagaimana sebuah essential oil dibuat sangat lah penting karena essential oil yang diperoleh melalui proses kimiawi tidak dianggap essential oil sejati. 

Penggunaan Essential Oil

Essential oil biasa digunakan pada industri kecantikan seperti parfum, kosmetik, sabun. Serta yang sekarang ini sedang hitz adalah sebagai aromatherapy. Essential oil dapat dihirup atau diencerkan untuk kemudian diaplikasikan ke kulit. 

3 Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih essential oil:
  • Kemurnian. Pilih essential oil yang benar-benar murni tanpa ada tambahan minyak sintetik.
  • Kualitas. Essential oil yang bagus adalah yang chemical-free
  • Berizin BPOM/Bersertifikat. Produk yang sudah memiliki izin tentunya sudah diaudit untuk memastikan kualitas dan keamanan produk.

Ada 3 jenis essential oil yang kali ini mau aku ulas. Ketiganya adalah produk dari L'Neviz Cosmetic, Argan Oil, Oregano Oil dan Rosehip Oil. Jujur aku baru tahu brand L'Neviz yang merupakan brand lokal asal Surabaya. Produk-produk essential oil yang mereka miliki sudah terjamin kualitas dan kemurniannya. 100% bahan alami. Juga paling penting adalah sudah tersertifikasi BPOM dan Organic Certified. Mari kita bahas produknya satu persatu ya...




Kemasan essential oil L'Neviz ini dikemas dalam kemasan botol kaca berwarna coklat. Memang kemasan botol gelap seperti ini paling pas untuk kemasan produk organik seperti essential oil. Agar terhindar dari paparan sinar matahari. Sebenarnya ketiga produk Argan Oil, Oregano Oil dan Rosehip Oil ini tersedia dalam kemasan 30mL, 15mL dan sample size. Tapi yang aku punya ini untuk Argan Oil dan Rosehip Oil kemasannya 15mL. Sedangkan untuk Oregano Oil kemasan yang sample size.

review-essential-oil-lneviz



Untuk yang kemasan 30mL dan 15mL sepertinya sih sama. Disertai pipet untuk mengambil produknya. Pipetnya ini tipe yang pump. Sedangkan untuk kemasan yang sample size mirip seperti kemasan aromatherapy

review-essential-oil-lneviz



Kualitas botol kacanya tebal. Selain itu dilengkapi dengan seal plastik juga untuk mencegah kebocoran ketika proses pengiriman. Desain kemasan secara keseluruhan sih tidak ada yang unik/baru. Tapi nama produk pada kemasannya dibedakan dari warna hurufnya, buatku itu penting mengingat bentuk kemasan botolnya mirip semua. Tentu harus ada pembeda di warna tulisan produknya agar tidak salah mengambil produk.

review-essential-oil-lneviz



Keterangan produk juga tercantum di kemasan botolnya. Mulai dari kandungan, tanggal kadaluarsa, batch number dan BPOM. 




Untuk formula (ingredients dan tekstur) karena ini essential oil tentunya kandungannya 100% minyak ekstrak tumbuhannya. Tapi di kemasannya diberi keterangan lagi kandungan masing-masingnya. Argan oil dan Rosehip oil dapat digunakan di rambut, wajah dan bibir. Oregano oil dapat digunakan untuk rambut dan wajah.

review-essential-oil-lneviz



Argan Oil 
Mengandung Squallen, Vitamin E, Essential Fatty Acid, Asam Linoleate. Argan oil memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk melembapkan kulit, bibir dan rambut. Kandungan squallen bermanfaat sebagai antioksidan dan anti aging.



review-essential-oil-lneviz



Oregano Oil
Mengandung Fenol, Karavarcol, Antioksidan, Vitamin. Karena mengandung fenol yang merupakan anti bakteri sehingga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat, juga sebagai anti fungal. Selain itu bisa juga digunakan di rambut untuk mengatasi ketombe serta dapat merangsang pertumbuhan rambut.


review-essential-oil-lneviz



Rosehip Oil
Mengandung Beta karoten/Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Caretenoid, Essential Fatty Acid. Karena kaya akan vitamin C maka rosehip oil ini dapat membantu mencerahkan kulit, meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu ada kandungan vitamin A yang dapat membantu regenerasi kulit.





Aku pakai essential oil ini untuk perawatan rambut, karena kebetulan setelah melahirkan rambutku rontok parah. Untuk penggunaan pada rambut, aku pakai 1 tetes Argan Oil dan 1 tetes Oregano Oil lalu ku campur ke shampoo yang ku pakai saat keramas. 
Ketika keramas memang akan berasa agak berminyak, tapi setelah dibilas aku merasa kulit kepala lebih bersih kesat karena ada sensasi dingin juga (sepertinya sih dari Oregano Oil). Tapi walaupun kulit kepala terasa kesat rambutku gak berasa kering malah lembut dan gampang disisir. Ku yakin sih ini efek dari Argan Oil yang memang membantu melembapkan rambut.
Memang masalah rambut rontokku ini efek hormonal, tapi aku tetap mau merawatnya pakai essential oil ini supaya walaupun ada yang rontok rambut barunya tetap banyak yang tumbuh. Aku gak mau pitak/botak 🤭

Aku juga pakai Argan Oil di bibir. Bibirku gampang sekali kering dan pecah-pecah apalagi kalau diruangan ber-AC. Membantu sekali melembapkan bibir. Selain itu kalau yang suka pakai lip cream matte kayak aku pasti bibirnya gampang mengelupas. Pemakaian Argan Oil dioleskan ke bibir pada malam hari membantu mengatasai bibir keringku.

Selain untuk perawatan rambut, essential oil ini bisa juga dipakai untuk kulit. Untuk perawatan kulit yang berjerawat kalian bisa gunakan Oregano Oil bisa langsung dioleskan pada jerawat. Tapi akan menimbulkan rasa perih/panas sebagi tanda oil sedang bekerja. Namun untuk kalian yang kulitnya super sensitif lebih baik penggunaan Oregano Oil ini diencerkan/dicampur dengan Argan Oil/ Rosehip Oil.
Nah kalau untuk penggunaan Argan Oil dan Rosehip Oil nya masing-masing bisa kalian pakai/ aplikasi langsung ke kulit ya.

Secara keseluruhan aku suka sama ketiga essential oil ini. Hanya satu yang aku kurang suka adalah wanginya itu minyak banget. Mungkin karena memang 100% minyak hasil ekstrak kan jadi ya kayak nyium bau minyak goreng/ minyak tumbuhan pada umumnya.




Harga untuk Argan Oil kemasan 15mL Rp 70.000, kemasan 30mL Rp 110.000. Rosehip Oil kemasan 15mL harganya Rp 85.000, kemasan 30mL Rp 135.000. Sedangkan Oregano Oil kemasan 15mL Rp 150.000 dan kemasan sample size Rp 45.000

Kalian bisa beli di Official Store L'Neviz Shopee atau cek info lengkapnya di IG @lnevizcosmetics


Sekian blog post kali ini. Semoga blog post kali ini bisa memberikan informasi untuk kalian yang akan coba essential oil untuk perawatan kulit, rambut dan badan. Jika ada pertanyaan kita diskusi di kolom komentar ya. Adakah yang sudah coba?








3 comments

  1. wow multifungsi banget ya kak, aku tu pengen banget beli oil buat rambut khususnya yang numbuhin anak rambut gituu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya EO ini multifungsi banget. Aku juga baru coba nih. Mudah-mudahan anak rambutku cepat tumbuh.. hehe. Btw, yang oregano oil enak banget kalau buat mengatasi ketombe..kulit kepala berasa bersih gitu..

      Delete
  2. Multifungsi banget ya mbak. Aku baru tau ke bibir bisa, apalagi dicampur sama shampoo lho.

    ReplyDelete

Halo.. Silahkan jika ada pertanyaan atau sesuatu yang ingin di share di kolom komentar. Setiap komentar yang masuk akan saya moderasi terlebih dahulu. Komentar berisi link hidup akan saya hapus.

Jangan lupa untuk centang "Notify Me" untuk notifikasi balasan dari komentarmu.

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan.. :)