Beragam Cara untuk Menghilangkan Bekas Luka Bakar

beragam-cara-untuk-menghilangkan-bekas-luka-bakar


Pernahkah anda mengalami luka bakar, naik itu serius maupun ringan? Jika iya, pastinya anda merasa bahwa bekas pada luka bakar tersebut sulit untuk dihilangkan. Bahkan pada tingkat tertentu, luka bakar bisa menjadi permanen jika tidak ditangani dengan segera. Meskipun sebenarnya jaringan kulit bisa tumbuh sacra alami, namun dalam beberapa kasus tertentu tidak dapat menghilangkan bekas luka bakar.


Luka bakar merupakan salah satu jenis luka yang terjadi akibat kontak antara kulit dengan panas, Artinya, jika luka bakar itu serius, dapat meninggalkan bekas pada jaringan kulit terdalam. Inilah yang sering terjadi kasus dimana bekas tidak bisa hilang dengan sendirinya.


Jenis-jenis Luka Bakar

Semakin parah luka bakar yang dialami, semakin parah pula tingkat kerusakan pada kulit. Hal itu berarti semakin sulit juga bekas yang timbul untuk dihilangkan. Terdapat beberapa jenis bekas luka bakar yang perlu anda ketahui, beberapa diantaranya sebagai berikut!


1. Hipertrofik

Jenis bekas luka bakar Hipertrofik biasanya ditandai dengan warna kulit yang merah atau keunguan, dalam beberapa kasus warnanya agak kebiruan. Kulit yang mengalami bekas seperti ini biasanya gatal jika disentuh atau digaruk.


2. Kontraktur

Jika anda pernah mengalami bekas luka bakar dengan ciri-ciri kulit menebal dan mengerut, itu artinya anda sedang mengalami jenis luka bakar yang bernama Kontraktur. Biasanya, jenis luka ini akan menyebabkan pergerakan kulit dan juga otot menjadi lebih sulit dari biasanya.


3. Keloid

Keloid merupakan jenis bekas luka bakar yang permukaannya sama dengan kulit aslinya, namun lebih tipis dan warnanya berbeda dari kulit asli. Jenis ini biasanya sering terjadi akibat luka bakar ringan, seperti terkena knalpot atau panci panas.


Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Terdapat beberapa jenis bekas luka bakar yang sudah anda ketahui diatas, sekarang kita bahas bagaimana cara efektif untuk menghilangkan bekas luka tersebut. Tentunya, setiap level dari luka bakar mempunyai penanganan atau cara yang berbeda. Agar lebih jelas, berikut beragam cara untuk menghilangkan bekas lukas bakar yang dapat mengganggu penampilan!


1. Menggunakan Gel Khusus Luka Bakar

Gel atau salep yang dimaksud bisa dengan mudah anda temui di apotek atau toko obat. Namun, anda harus memastikan bahwa gel tersebut mengandung CPX technology dan vitamin C Ester yang berfungsi untuk memudarkan bekas luka.

Ikuti petunjuk penggunaan jika anda belum tahu bagaimana cara menggunakannya. Namun pada umumnya, pemakaian obat penghilang bekas luka tersebut bisa dilakukan dua kali sehari dengan cara mengoles tipis pada bekas luka bakar.


2. Aktif Bergerak

Jika anda sedang mengalami luka bakar yang menyebabkan bekas jenis Kontraktur, jangan dibuat manja hanya berdiam diri. Hal itu justru semakin memperlama proses pergantian jaringan kulit.

Untuk itu, sebaiknya anda tetap menggunakan daerah yang terdapat luka tersebut untuk aktif bergerak. Hal ini tentu sulit jika luka yang dimaksud berada pada daerah yang aktif digunakan bergerak, seperti tangan atau kaki. Ada baiknya sebelum melakukan pergerakan, anda oleskan dulu pelembap atau alkohol agar pergerakan lebih “licin”.


3. Hindari Sinar Matahari

Luka bakar biasanya mempunyai efek panas pada kulit, jangan ditambah panas dengan melakukan kontak langsung dengan sinar matahari. Sebaiknya hindari aktivitas yang bisa membuat kontak langsung dengan sinar matahari. Jika terpaksa, anda bisa menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi seperti Biore UV Watery Essence SPF 50+ PA++++.

Jika luka tersebut berada pada daerah yang tertutupi, seperti paha atau perut, anda boleh tidak menggunakan tabir surya. Namun yang perlu diingat, gunakan kain agak tebal agar panas matahari tidak mudah tembus.


4. Menjalani Prosedur Medis

Dalam beberapa kasus, luka bakar tidak dapat ditangani dengan cara-cara diatas. Untuk itu, ada baiknya anda konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis.


Biasanya dokter akan menyarankan terapi sinar laser jika luka bakar tersebut tidak terlalu serius. Namun jika memang sudah pada level gawat darurat, anda akan disarankan untuk cangkok kulit atau operasi plastik.


Selain cara diatas, sebenarnya ada cara tradisional dengan menggunakan bahan alami untuk menghilangkan bekas luka bakar. Bahan yang umum digunakan antara lain madu, lidah buaya, rimpang coptidis, dan minyak wijen.

Tidak ada komentar

Halo.. Silahkan jika ada pertanyaan atau sesuatu yang ingin di share di kolom komentar. Setiap komentar yang masuk akan saya moderasi terlebih dahulu. Komentar berisi link hidup akan saya hapus.

Jangan lupa untuk centang "Notify Me" untuk notifikasi balasan dari komentarmu.

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan.. :)