#hayubelajarskincare-Tahapan Basic Skincare Routine Untuk Pemula

Written By :

Category :

#hayubelajarskincare

,

Basic Skin Care

,

Skincare

Posted On :

Share This :

basic-skin-care-routine-ctmp

 

Hello beauties!

Semenjak aku mulai rajin berbagi pengalamanku memakai produk skincare, ada beberapa teman dan kenalan yang bertanya beberapa hal mengenai skincare. Kebanyakan pertanyaan yang aku dapat adalah “serum yang bagus apa ya?”, “pakai serum itu kapan ya?”. Jadi memang pertanyaan seputaran produk dan tahapan pemakaian skincare. Aku menyimpulkan mereka yang bertanya ini rata-rata memang belum memahami Basic Skincare Routine.

Pembahasan mengenai Basic Skincare Routine ini sebenarnya sudah pernah aku bagikan di Instagramku @kacamatahayuni. Tapi di blog ini aku mau mengelaborasi penjelasan singkat yang pernah ku post di IG, semoga kalian yang baru mau memulai untuk istiqomah melakukan rutinitas skincare akan lebih paham lagi dan tidak bingung tahapan yang paling dasar dari rutinitas perawatan kulit ini.

Berdasarkan pengalamanku, di awal-awal memulai merawat kulit wajah kalian hanya perlu melakukan tahapan dasar Cleansing, Toning, Moisturizing dan Protecting (untuk di pagi hari). Biasa disingkat CTMP.

Aku akan jelaskan masing-masing tahapan ini ya. Tentu saja pakai bahasaku sendiri, semoga bisa lebih dimengerti oleh kalian.

 

basic-skin-care-routine-ctmp

Cleansing

Di tahap ini kalian melakukan pembersihan wajah. Ini adalah proses yang amat sangat mendasar dari sebuah rangkaian perawatan kulit.

Lakukan tahap ini dua kali sehari, di pagi dan di malam/ sore hari. Mencuci wajah di pagi hari bertujuan untuk membantu membersihkan minyak berlebih atau keringat yang mungkin timbul saat tidur. Terutama jika kalian tidur tanpa AC ya. Saranku cari produk yang gentle atau low pH cleanser sehingga pertahanan kulit dan kelembapannya tetap terjaga.

Mencuci wajah di malam hari tentu saja bertujuan untuk membersihkan wajah dari kotoran, debu dan makeup. Pemilihan produk pembersihnya usahakan yang memang efektif membersihkan tapi tidak membuat kulit kering. Aku pribadi di sore hari pakai double cleanser tujuannya untuk memastikan benar-benar bersih. Ini tidak wajib ya. Jika kalian rasa sudah cukup dengan memakai satu cleanser silahkan.

basic-skin-care-routine-ctmp

Toning

Tahap selanjutnya adalah pemakaian toner. Toner disini fungsinya adalah untuk mengembalikan keseimbangan kulit setelah proses cleansing. Fokusnya adalah hidrasi. Jadi memang yang dimaksud disini adalah pemakaian Hydrating Toner.

Mungkin dari kalian ada yang sudah pernah dengan berbagai macam toner dan diluar sana juga banyak sekali jenis produk toner. Gak perlu bingung ya. Untuk kalian yang baru mulai rutin skincare aku lebih menyarankan pilih toner yang tujuannya menghidrasi. Biasanya kandungannya ada Hyaluronic Acid atau Glycerin.

Aku sudah buat post khusus membahas mengenai toner di Instagram. Kindly check ya. Untuk blog post-nya Insya Allah segera.

basic-skin-care-routine-ctmp

Moisturizing

Proses selanjutnya adalah moisturizing atau biasa kita kenal dengan pelembap. Pilih pelembap yang ada kandungan bahan yang bersifat Oclusive supaya bisa membantu mengunci kelembapan. Kalian juga bisa pilih pelembap yang tipenya sesuai dengan jenis kulit ya.

Rekomendasi Skincare yang menghidrasi

basic-skin-care-routine-ctmp

 

Protecting

Sebenarnya skincare yang paling penting itu adalah Sunscreen. Kalau kamu sudah menghabiskan waktu dan biaya untuk pakai berbagai jenis serum dengan berbagai jenis kandungannya tapi kamu masih skip Sunscreen ya percuma saja. Karena kulitmu akan tetap rusak terpapar sinar matahari tanpa perlindungan.

Menurut para ahli pakailah Sunscreen paling tidak yang SPFnya 30. Suncreen juga dipakai/diaplikasikan 30 menit sebelum keluar/ terpapar sinar matahari. Kemudian aplikasi ulang (re-apply) setiap 2-4 jam. Repot? Ya memang, tapi kalau sudah biasa gak akan terasa repot. Paling tidak jangan lupa aplikasi ulang di siang hari kalau kamu pakai Sunscreen di pagi hari.

Nah, itu semua adalah tahapan Basic Skincare yang bisa kalian pakai rutin dulu. Pokoknya kalian ingat saja CTMP. Kalau sudah bisa rutin melakukan tahapan ini, baru deh kalian bisa menambahkan tahapan lain seperti serum, essence atau yang lainnya.

Aku cuma mau mengingatkan jangan overwhelm dengan postingan influencer, beauty reviewer (termasuk post dari aku ya) yang mempromosikan produk-produk terbaru. Jangan semua kalian ingin beli. Kalian benar-benar harus pilih dengan bijak.

Menerapkan Basic Skincare Routine memang harus bertahap dan konsisten. Rajin memperhatikan komposisi produk dan reaksi kulit kita. Take a note! Buat catatan kalau perlu supaya gak lupa ya.

Terkadang kulit (apalagi yang masih muda belia 😄) tidak butuh banyak produk. Kulit hanya butuh hidrasi yang cukup. Termasuk kulit yang berminyak, supaya tidak memproduksi minyak yang lebih lagi.

Nah…sepertinya untuk Basic Skincare Routine ini cukup. Semoga apa yang aku tuliskan ini membantu kalian yang baru mau istiqomah pakai skincare. Kalau ada pertanyaan bisa tulis di kolom komentar ya. Buat kalian yang sudah tekun pakai skincare gimana pengalaman kalian? Kondisi kulit kalian lebih baik atau malah jadi buruk? Kita ngobrol di kolom komen ya

 

Do you want to collaborate?

If you are interested in collaborating with this blog, don’t hesitate to contact me