Not 10 Steps Skincare Routine (Skincare Murah Meriah)

by - 9:00 PM


Hi Beautiful!

Seberapa penting skincare menurut kalian? Buatku skincare tuh penting, tapi aku suka males dan lupa buat pakai. Jadi aku harus sering-sering menyemangati diri sendiri. Sharing adalah salah satu cara aku untuk menyemangati diri sendiri. Dalam hal apapun tidak hanya skincare. Tapi di blog post kali ini kita fokus ke skincare ya..hehe.
Sebenarnya aku sudah pernah share mengenai skincare routine ku ini di IG Story @hayu_ni ada di highlight SKINCARE ya. Tapi sebagai blogger rasanya kok kurang afdol ya kalau aku belum share di blog juga. Jadi rangkaian skincare aku ini yang sudah aku pakai selama 2-3 bulan belakangan ini. Kalaupun ganti paling di Sunscreen saja, nanti pun akan aku bahas disini. Seperti yang tadi aku bilang, aku nih suka malas jadi aku benar-benar meminimalisasi rangkaian skincare yang penting skincare basic terpenuhi. Hanya saja ku tambah serum atau essence. Jadi kalau dirangkum skincare routine aku hanya perlu 5 tahap saja, yaitu:

Cleansing
Aku penganut double cleansing. Kenapa? Karena keseharianku kerja harus berkendara motor total 44Km setiap hari yang pastinya terpapar debu, asap dan kotoran di jalan. Walaupun aku tidak pakai makeup lengkap tetap saja aku butuh membersihkan kulit wajah dengan extra. Dengan double cleansing aku baru yakin kulit wajahku benar-benar bersih. Apa saja produk cleansing yang aku gunakan?
First Cleanser

  • First Cleanser. Untuk membersihkan wajah pertamakali aku biasanya pakai micellar water dan clensing balm. Dulu aku pakai Bioderma Micellar Water Sensibio H2O. Saat itu kulitku lagi masa penyembuhan dari jerawat. Kulit jadi sensitif, gampang sekali merah, muncul jerawat dan iritasi. Saat itu sih deg-degan juga beli si Bioderma ini karena harganya kan gak murah ya. Tapi dia sungguh bagus. Tidak membuat iritasi kulit aku, justru membuat kulitku tenang. Setelah kulitku cukup membaik keadaanya aku mulai beralih ke Garnier Micellar Water yang Pink. Secara harga jauh dibawah Bioderma pastinya kualitas juga beda. Walaupun fungsi membersihkannya menurutku sama saja. Tapi si Garnier Micellar Water ini memang tidak se-gentle Bioderma. Selain itu si Garnier Micellar Water ini juga masih keluar busa kalau dipakai sambil digosok-gosok. Tapi buat bersihin makeup dan kotoran ini OK. Nah, kalau aku lagi pakai makeup agak tebal, untuk first cleanser aku gunakan Pond's Cleansing Balm. Senang sekali ada cleansing balm lokal yang murah. Si Pond's Cleansing Balm ini cukup ampuh membersihkan makeup bahkan yang waterproof makeup juga bisa dibersihkan. Dia lembut di kulit. Sementara ini sih untuk first cleanser aku baru coba 2 tipe pembersih ini Micellar Water dan Cleansing Balm. Aku belum berani coba Oil Clenser karena takut gak cocok, aku tuh jarang bisa berjodoh dengan yang namanya oil.
Second Cleanser

  • Second Cleanser. Aku biasanya pakai facial foam. Banyak facial foam yang sudah aku pakai. Dari Pond's; Shinzui; Sariayu; The Face Shop; The Body Shop; Cetaphil dan Hada Labo. Dari semuanya sih aku paling suka si Sariayu yang Acne Facial Foam, ini yang berhasil membersihkan kulitku dari jerawat dan menenangkan kulit. Memang ya si ekstrak Daun Pegagan memang TOP BGT. Kalau sekarang ini baru pada heboh dengan si Centella Asiatica, heeiii kemana saja kalian? Wkwkwk. Anyway, selain itu aku juga suka sama Hada Labo Gokujyun Perfect x Simple Face Wash. Ini yang sampai sekarang aku pakai sehari-hari. Produknya si Hada Labo ini memang pas banget untuk kalian yang tipe kulitnya sensitif, karena produk-produknya tidak mengandung alkohol dan perfume jadi gentle di kulit. Si Cetaphil juga gentle sih tapi kelewat gentle menurutku, jadi berasanya gak cuci muka gitu kayak kurang bersih (perasaan aja mungkin ya..hahaha).
Toner
Untuk toner aku gak banyak coba. Aku pakai toner secara teratur itu baru beberapa bulan ini saja kok. Hydrating Toner ya. Dulu pernah pakai dari Hada Labo Gokujyun Ultimate Hydrating Lotion, enak sih bikin kulit lembut kayak mochi. Selain itu Etude House Moistfull Collagen Toner itu juga enak banget, super melembapkan tapi gak bikin minyak bertambah. Sekarang ini yang lagi aku pakai dari Nacific Fresh Herb Origin Toner. Ini juga punya efek hidrasi yang baik dan melembapkan sekali.
Toner

Serum & Essence
Pertama mencoba yang namanya essence ya dari rangkaian Etude House Moistfull Collagen. Enak banget, kulit wajah lembap, terasa kenyal enyoy-enyoy kayak mochi gitu deh. Aku juga sempat coba Secret Key Starting Treatment Essence karena kebawa hype FTE yang kala itu sedang melanda. Tapi aku sih merasanya gak ada reaksi apapun ya di kulit wajahku. Jadi menyesal belinya. Lalu terakhir aku coba si Nacific Pytho Niacin Whitening Essence, di kulitku ini menghidrasi dan mencerahkan (ingat mencerahkan ya bukan jadi putih kulitnya). Untuk serum aku pakai dari The Ordinary Alpha Arbutin 2%+HA, suka banget sih karena cocok di kulitku. Menghidrasi dan menyamarkan flek. Aku juga pernah coba Nacific Fresh Herb Origin Serum, tapi sayangnya gak aku lanjutin pemakaiannya karena kulitku jadi beminyak gak enak.
Serum & Essence

Moisturizing
Untuk moisturizer aku lebih suka yang cepat menyerap tapi tetap menghidrasi dan melembapkan. Sampai saat ini sih yang paling aku suka si Etude House Moistfull Collagen Cream. Semua rangkaian si Etude House Moistfull Collagen ini aku suka banget sih. Hanya saja sekarang belum repurchase, aku lagi pakai Nacific Fresh Herb Origin Cream. Aku kurang suka sih sama Nacific Fresh Herb Origin Cream ini, karena teksturnya terlalu tebal dan membuat wajahku berminyak.
Kalau malam aku pakai sleeping mask diakhir rangkaian skincare. Aku pernah pakai Laniege Sleeping Mask enak sih lembap dan kulit jadi lebih kenyal. Tapi kan harganya mayan yaa. Setelah menemukan si Viva White Waterdrop Sleeping Mask akhirnya ku beralih saja. Oia untuk reviewnya klik disini ya.
Moisturizer
Sleeping Mask


Protecting
Sunscreen is must! Kalau kulit sudah dirawat sedemikian sehingga tapi diakhir kita tidak pakai sunscreen itu akan percuma. Paparan sinar matahari benar merusak. Mungkin bukan efek langsung yang kita rasakan tapi dikemudian hari pasti akan ada efek ke kulit kita. Flek-flek diwajah salah satunya. Produk sunscreen yang aku gunakan selama ini hanya ada 3 brand. Dulu aku pakai Wardah Sunscreen Gel lalu sempat juga coba Emina Sunscreen. Menurutku dari tekstur aku lebih suka Wardah karena cepat menyerap dan gak membuat berminyak. Kalau Emina walaupun ringan dia masih sedikit membuat berminyak kulit wajah. Nah yang sekarang lagi aku pakai adalah Nivea Sun Protect And White Instant Aura Serum. Aku sudah buat review lengkapnya disini ya.
Final step dari kesemuanya aku suka pakai lip balm atau lip care lainnya. Pernah pakai Oriflame Tender Care kecintaan banget. Sekarang lagi pakai Nivea Petroleum Jelly, beli ukuran kecil gak abis-abis.. Haha.
Protecting

Nah itu sih 5 tahap rangkaian skincare ku. Cleansing, Toner, Essence & Serum, Moisturizing dan Protecting. Sebenarnya basic skincare itu hanya cleansing, toner, moisturizing dan protecting. Jangan overwhelm dengan 10 steps korean skincare. Itu bukan suatu yang wajib diikuti. Semuanya bisa disesuaikan dengan kondisi kulit. Kamu juga wajib coba-coba ya kalau mau cari skincare yang cocok, harus paham juga dengan tanda-tanda skincare yang tidak cocok. Ada baiknya pahami kandungan skincare yang akan kamu pakai, sudah sesuai dengan kondisi kulit mu atau belum. Ingat juga kondisi kulit wajah pasti berubah-ubah jadi jangan takut untuk ganti skincare. Yang penting kamu harus paham kondisi kulit dan kandungan skincare yang kamu pakai.

Semoga blog post kali ini membantu untuk kalian yang ingin memulai untuk menjalankan rangkaian skincare. Yuk share juga skincare routine kalian di kolom komen, aku pasti baca. Thank you for visiting my blog. See you on next post!!





You May Also Like

8 komentar

  1. Wahh apa yang kamu pake aku juga pernah pake. Btw keren blog mu. Jangan lupa mampir blogku juga yaa 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe banyak ya yang aku pakai. Siap mba. Thanks ya udah berkunjung.

      Delete
  2. Wah step skincare kita sama tapi klo aku males double cleansing wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga malas sebenernya untuk double cleansing. Tapi karena wajah sensitif jadi kalau habis pakai makeup atau kena debu harus benar bersihin wajahnya biar gak timbul bruntusan atau jerawat..

      Delete
  3. Double cleansing aku setuju banget Kak. Awalnya males, tapi pas ditelateni jerawat dan bruntusan ilang. Wajah jadi mulus. Kalau aku double cleansingnya. Pertama oil cleansing (pake minyak zaitun), facial foam (Sariayu juga), terus tonernya pake cuka apel. Aku prefer ke bahan bahan alami sih Kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minyak zaitun enak ya emang buat bersihin dan pijat2 wajah. Sariayu nih juara deh..hehe. Wah cuka apel nih banyak yang pakai ya memang.. Jadi penasaran..

      Delete
  4. Aku sama nih dulunya suka malas tp terus memotivasi diri harus rajin , aku sama suka bersihin pke ponds balm itu cinta bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba ayo kita semangat merawat kulit wajah mba. Pondscleansing balm ini enak ya dipakainya..

      Delete

Halo.. Silahkan jika ada pertanyaan atau sesuatu yang ingin di share di kolom komentar. Setiap komentar yang masuk akan saya moderasi terlebih dahulu. Terimakasih telah berkomentar dengan sopan.. :)

Instagram