Review Hayuni: Pengalaman Belanja Di BukaBuku.com

6:05 PM

Hallo semuaa....


Hmmm...tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi saya yang mencoba membeli buku di BukaBuku.com. Buat yang belum tahu BukaBuku.com itu apa, googling saja sendiri (deuhh masih esmosih nih mak) intinya itu adalah website toko buku online. Kalau dilihat dari websitenya sih cukup banyak ya jenis buku yang dijual dan harga juga ada yang lebih murah dari toko offline. Tapi...saya sedang tidak berniat membahas mengenai toko buku online (kan..masih dendem si mak).
Huftt...saya gak tahu ya mungkin diantara kalian ada yang pernah belanja juga di toko buku ini dan puas dengan pelayanannya. Tapi sekali lagi tapi...apa yang akan saya ceritakan disini adalah pengalaman yang tidak menyenangkan menurut saya. Diawali ketika saya berniat membeli buku tentang kehamilan. Sebenarnya saya sudah sempat mencari di toko buku online lainnya, tapi ada yang kosong dan ada yang memang tidak menjualnya. Lalu saya ingat BukaBuku.com, saya searching dan ternyata ada selain itu ada diskon pula (jiwa emak-emak ya). Lalu saya memutuskan untuk membelinya.
Proses pembelian di websitenya cukup gampang. Setelah mengkonfirmasi pembelian saya menerima email untuk melakukan pembayaran. Metode pembayarannya transfer bank BCA (metode pembayaran lainnya bisa melalui western union dan paypal). Saya melakukan pembayaran di 30/11/2017. Lalu setelah transfer saya mendapatkan email lagi mengenai pemberitahuan bahwa order saya sedang diproses dan estimasi pengiriman pada tanggal 12/12/2017. Saat itu saya berfikir kok lama sekali ya estimasi pengirimannya. Saya sempat cerita ke teman kerja, dia bilang coba cek lagi stok bukunya ada atau gimana. Ternyata setelah saya cek stok buku tertulis ada di gudang supplier. Menurut teman kerja saya yang sudah pernah membeli buku di bukabuku.com katanya kalau stok buku ada di gudang supplier pasti estimasi pengiriman lebih lama. Tiba-tiba perasaan saya tidak enak.
Benar saja tanggal 07/12/2017 saya menerima email dari bukabuku.com yang memberitahukan bahwa pesanan saya masih dalam proses. Saat itu saya diberi pilihan menunggu atau membatalkan. Saya pilih menunggu.
Lalu tanggal 9/12/2017 saya mendapat email lagi lagi dari bukabuku.com menyatakan bahwa tidak dapat mengirimkan barang karena stok di supplier kosong. Terdapat pilihan batal atau ganti barang. Tentu saja saya pilih batal. Saya proses refund melalui website pada tanggal 10/12/2017. Lalu pada tanggal 11/12/2017 saya menanyakan ke CSnya berapa lama proses refund. Dijawab 7-14 hari. FYI, harga buku yang saya akan beli hanya Rp76.000 (tidak sampai 100rb) tapi saya harus menunggu uang saya kembali 7-14 hari. 
Saya tunggu sampai tanggal 18/12/2017 tetapi belum ada proses refund. Saya email ke CSnya, mempertanyakan alasan proses refund yang lama. Kalian pernah belanja di market place gak? Pernah melakukan refund atau menarik dana dari akun market place? Prosesnya gak sampai sehari loh...walau ketentuan mereka 1x24 jam maks. Beda banget kan?
Padahal saya sudah memberikan informasi rekening saya dan Bank nya juga sama kok seperti Bank punya bukabuku.com. Mereka gak tahu ada internet banking yang memudahkan transaksi ya? Kesalahan sampai harus refund kan karena stok supplier mereka yang kosong, tapi kok saya merasa dipersulit dalam menerima pengembalian dana. Adakah yang pernah mengalami hal serupa?
Karena saya terlanjur marah dan kecewa dengan pelayanan mereka maka saya pun whatssapp ke CSnya. Isi chat saya marah-marah dan mengancam. Bahkan saya tulis "kembalikan uang saya, jangan nipu woy!" Karena saking emosinya. Tidak ada tanggapan dari CSnya. Lalu hari itu juga saya menerima email bahwa proses refund telah selesai uang saya sudah ditransfer ke rekening saya. Ya Allah...masa harus marah-marah dulu baru dikembalikan uangnya. Habis itu saya langsung blacklist bukabuku.com kontak CSnya juga.
Menurut saya bukabuku.com pelayanannya tidak bagus. Saya tidak tahu sistem stok yang mereka pakai ya. Tapi menurut saya sangat tidak profesional. Kalau memang ada ya tulis saja ada, kalau ada tapi digudang supplier tapi ujungnya stok kosong kan kacau sekali stock take mereka ya. Entah lah...kalau ingat pelayanan mereka bikin emosi... Oia kalau kalian pernah punya pengalaman menyebalkan seperti ini kah? Share yuk di kolom komen.. 

You Might Also Like

0 komentar

Jika ada pertanyaan atau apapun silahkan tinggalkan komentar dibawah ya. Terimakasih sudah berkomentar dengan sopan.

Facebook Page

Google+ Followers

Member Of

Member Of

Bloglovin

Follow my blog with Bloglovin Follow