Powered by Blogger.

Search This Blog

10 Rekomendasi Sikat Gigi Untuk Anak Usia 0-2 Tahun Yang Aman

sikat gigi anak yang aman
Catatat! 10 rekomendasi sikat gigi untuk anak yang aman.

Hai mama, kapan kira-kira waktu yang tepat untuk mengenalkan sikat gigi kepada anak? Jawabannya adalah sedini mungkin setelah anak tumbuh gigi.

Di usia 6 bulan bayi biasanya akan tumbuh gigi, pada saat itu lah kita bisa memulai membersihkan gigi anak. Bisa menggunakan kain lembut atau sikat gigi dengan bulu yang lembut.

Penting juga untuk mengajarkan anak menyikat gigi 2 kali sehari di pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Tidak mudah memang, tapi mama bisa mencoba untuk mencari sikat gigi dengan bentuk dan warna yang menarik. Dengan begitu dapat membuat anak semangat untuk menyikat gigi.

Tips memilih sikat gigi anak usia 0-2 tahun yang aman

  • Gunakan ukuran sikat sesuai dengan usianya

    Sikat gigi anak tentunya berbeda dengan sikat gigi dewasa, maka penting untuk memilih ukuran sikat gigi yang sesuai dengan usia anak. Agar anak nyaman dalam menyikat gigi.

  • Sikat gigi ukuran kepala yang kecil

    Mulut anak usia 0-2 tahun berukuran kecil. Maka pilihlah sikat gigi dengan ukuran kepala yang kecil sehingga dapat menjangkau seluruh bagian mulut anak.

  • Pilih bulu sikat yang lembut

    Agar gusi dan mulut tidak mudah terluka maka pilih lah sikat dengan bulu yang lembut.

  • Mudah digenggam

    Untuk anak yang mulai belajar menyikat gigi sendiri ada baiknya mama pilih sikat dengan pegangan yang nyaman seperti bahan silikon. Biasanya karena genggaman tangan anak belum kuat jika yang berbahan plastik akan licin dan mudah terlepas. Pastikan juga bentuknya aman digunakan untuk mencegah anak tersedak ketika menyikat gigi.

 

Baca juga: 10 Tanda-Tanda Kehamilan Trimester 1

10 Rekomendasi Sikat Gigi Untuk Anak Usia 0-2 Tahun

Setelah mama mengetahui tips untuk memilih sikat gigi anak, yuk kita lihat rekomendasi produk sikat giginya.

  1. Jordan Oral Care Kids Step 1 Super Soft
    Rekomedasi sikat gigi anak

    Jordan adalah salah satu brand sikat gigi anak favoritku karena memiliki sikat untuk bermacam range usia anak. Harga sikat gigi ini juga termasuk terjangkau. Jordan Oral Care Kids Step 1 Super Soft ini cocok untuk anak usia 0-2 tahun.

    Kepala sikatnya berukuran kecil sehingga mampu mencapai sudut dalam mulut. Bulu sikatnya lembut. Terdapat bulu sikat berwarna biru di tengahnya sebagai panduan takaran penggunaan pasta gigi untuk anak. 

    Gagang sikat juga dibuat khusus bentuknya bisa berfungsi sebagai teether. Selain itu pada gagang sikat terdapat lubang yang bisa memudahkan anak untuk menggenggamnya.

    Ukuran gagangnya pendek yang berfungsi mencegah tersedak. Sikat gigi ini memiliki kombinasi warna yang menarik untuk anak-anak.

     

  2. Pigeon Training Toothbrush Lesson 3
    Rekomedasi sikat gigi anak

    Mama pasti sudah tidak asing dengan brand yang satu ini, karena kualitas yang tidak perlu diragukan lagi untuk peralatan bayinya. Pigeon Training Toothbrush Lesson 3 cocok digunakan untuk anak usia 12-18 bulan. 

    Bulu sikatnya berbahan nylon yang lembut sehingga tidak akan melukai gusi anak. Ujung kepala sikatnya berbentuk bulat untuk dapat mencapai sudut dalam mulut.

    Gagang sikatnya dibuat dengan bentuk yang khusus sehingga nyaman digenggam oleh anak. 

    Selain Pigeon Training Toothbrush Lesson 3 ada juga produk Pigeon Training Toothbrush Lesson 1 yang dapat digunakan untuk bayi usia 6-8 bulan. Serta Pigeon Training Toothbrush Lesson 2 untuk bayi usia 8-12 bulan. Mama tinggal menyesuaikan dengan usia anak.

     

  3. Mama’s Choice My First Toothbrush
    Rekomedasi sikat gigi anak

    Mama’s Choice My First Toothbrush ini bulu sikatnya berbahan silikon lembut cocok digunakan pada anak yang sedang tumbuh gigi. 

    Disertai dengan safety shield untuk mencegah sikat tersodok ke dalam mulut. Ada suction cup sehingga sikat dapat berdiri saat tidak digunakan.

    Bahan silikonnya tahan di suhu ekstrim -20 hingga 110C. Selain itu bahannya juga food grade dan anti-iritasi.

     

  4. Nuby Toddler Toothbrush
    10-rekomendasi-sikat-gigi-untuk-anak-usia-0-2-tahun-aman-dan-berkualitas

    Nuby Toddler Toothbrush dapat digunakan untuk anak usia 1 tahun ke atas. Bulu sikatnya terbuat dari bulu nilon yang lembut mencegah iritasi pada gusi.

    Gagang sikat gigi ini didesain khusus untuk memudahkan anak menggenggamnya. Hadir dalam pilihan warna yang vibrant. Sikat gigi ini juga BPA Free.

     

  5. Dr. Brown’s Infant to Toddler Toothbrush
    10-rekomendasi-sikat-gigi-untuk-anak-usia-0-2-tahun-aman-dan-berkualitas

    Dr. Brown’s Infant to Toddler Toothbrush ini dapat digunakan oleh bayi diatas usia 3 bulan. Hadir dalam bentuk yang menarik yaitu karakter hewan. 

    Bulu sikatnya lembut dan tahan lama. Handle sikat gigi terbuat dari material yang lembut dan aman untuk bayi.

    Desain bagian bawah sikat gigi dapat membuat sikat gigi tetap berdiri ketika tidak digunakan. BPA free.

     

  6. Oral-B Sikat Gigi Toothbrush Anak Stage 1
    rekomendasi-sikat-gigi-untuk-anak

    Oral-B Sikat Gigi Toothbrush Anak Stage 1 ini dapat digunakan untuk anak usia 4-24 bulan. Bulu sikatnya lembut mampu membersihkan secar halus dan memijat gigi dan gusi bayi.

    Kepala sikatnya empuk dirancang untuk melindungi gusi dari iritasi. Gagang sikat non slip mudah digenggam oleh anak.

     

  7. Bagus PiPi Kids Set Toothbrush
    rekomendasi-sikat-gigi-untuk-anak

    Badan sikat gigi terbuat dari silikon yang dapat disterilkan. BPA Free sehingga aman untuk anak-anak.

    Termasuk good deal product, karena dengan harga 30ribuan mama sudah dapat 3 buah sikat gigi dengan ukuran yang berbeda. Buat yang punya 3 anak jatuhnya lebih irit dibanding beli satuan.

    Ukuran paling kecilnya dapat digunakan untuk anak usia 2 tahun. Ukuran paling besar dapat digunakan untuk anak usia 5 tahun.

    Bulu sikatnya lembut dengan kepala sikat kecil yang mampu menjangkau gigi bagian belakang.

     

  8. Jack N’ Jill Silicone Stage 2 Toothbrush

    Jack N’ Jill Silicone Stage 2 Toothbrush dapat digunakan untuk anak usia 1-2 tahun. Terbuat dari bahan silikon yang lembut dan lentur.

    Dilengkapi safety shield bundar mencegah tersodok hingga dalam rongga mulut. Aman untuk gigi dan gusi anak.

    Bahan silikonnya food grade, BPA Free dan PVC Free.

     

  9. Little Baby- Sikat Gigi Silicone SGS 1121

    Little Baby- Sikat Gigi Silicone SGS 1121 dapat digunakan untuk anak 1 tahun keatas. Terbuat dari bahan silikon food grade yang BPA Free.

    Terdapat 2 sisi sikat. Dilengkapi dengan safety shield untuk mencegah tersedak.

     

  10. KUB x CL Baby Training Toothbrush

    Masih dengan sikat gigi berbahan silikon KUB x CL Baby Training Toothbrush cocok digunakan mulai dari anak usia 1 tahun. 

    Bahan silikon pada gagang sikat sangat nyaman untuk dipegang oleh si kecil. Dilengkapi pula dengan safety shield yang menjaga sikat gigi agar tidak masuk terlalu dalam.

    Tentunya bahan silikonnya sudah BPA free dan dapat disterilkan.


Itu semua 10 Rekomendasi Sikat Gigi Untuk Anak Usia 0-2 Tahun. Kira-kira apakah mama sudah menentukan untuk beli yang mana?

Jika sudah jangan lupa juga untuk mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali ya ma..

No comments