Powered by Blogger.

Search This Blog

10 Tanda-Tanda Kehamilan Trimester 1

10-tanda-kehamilan-trimester-1


Halo bunda!

Sebagai pasangan yang sudah menikah tanda garis dua sudah pasti menjadi hal yang paling dinantikan ya. Biasanya test pack akan dilakukan setelah bunda merasakan beberapa tanda-tanda kehamilan. Ini bertujuan untuk memastikan apakah tanda-tanda yang bunda alami terjadi karena disebabkan kehamilan.

Buatku yang sudah pernah melewati kehamilan sebanyak 2x kurang lebih sudah mengetahui tanda-tanda kehamilan trimester 1. Namun, jika ini kehamilan pertama bunda bisa jadi bunda tidak sadar dengan beberapa tanda-tanda awal kehamilan. 

Untuk itu Aku mau berbagi 10 tanda-tanda kehamilan trimester 1 yang pernah aku alami dari kehamilan pertama sampai ketiga ini.

10 Tanda-Tanda Kehamilan Trimester 1

1. Tidak mengalami menstruasi

Bagi bunda yang memiliki siklus menstruasi teratur, tanda ini sangat mudah untuk diketahui. Namun untuk bunda yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur biasanya akan tidak sadar bahwa bunda sudah masuk masa kehamilan.

Ini terjadi di Aku ketika hamil anak pertama. Saat itu bulan Ramadhan dan Aku menuntaskan puasa selama full 1 bulan.Tidak curiga karena memang siklus menstruasi sering tidak teratur.

tanda-kehamilan-trimester-1


2. Cepat merasa lelah

Pada awal-awal kehamilan bunda akan merasa cepat lelah. Rasa lelah ini muncul walaupun bunda tidak banyak beraktivitas. 

Kelelahan ini disebabkan oleh hormon Progesteron yang mengalami peningkatan. Selain itu, peningkatan jumlah darah, detak jantung dan metabolisme tubuh juga menyebabkan bumil cepat merasa lelah.

3. Kram perut dan keluarnya bercak darah

Pada awal kehamilan munculnya rasa kram seperti akan menstruasi merupakan hal yang wajar. Di beberapa bumil juga disertai flek atau keluar bercak darah.

Rasa kram dan bercak darah merupakan tanda menempelnya sel telur yang sudah dibuahi pada dinding rahim.

4. Pusing

Rasa pusing dapat muncul pada awal kehamilan. Hal ini terjadi karena menurunnya tekanan darah. Biasanya dapat diatasi dengan istirahat.

Namun perlu diwaspadai jika pusing berlangsung lama dan tidak membaik setelah istirahat. Segera periksakan kondisi ke dokter.

5. Sensitif terhadap bau

Akibat perubahan hormon pada awal kehamilan, bumil biasanya akan lebih sensitif terhadap bau dan wangi-wangian. 

Hal ini akan berbeda di setiap bumil. Tapi biasanya bumil akan lebih sensitif terhadap bau yang menyengat seperti aroma masakan, parfum dan juga rokok.

6. Perubahan pada payudara

Bunda akan mulai mengalami perubahan pada payudara juga. Payudara akan terlihat lebih besar. Tidak hanya itu bagian areola akan terlihat lebih gelap dan membesar. Hal ini merupakan wajar dan alamiah bermanfaat saat bunda menyusui nanti.

7. Konstipasi

Konstipasi ini terjadi karena perubahan hormon dapat membuat pencernaan melambat. Sehingga ada bunda akan rentan mengalami sembelit dan konstipasi. Usahakan untuk tetap makan sayur dan buah untuk mencegah sembelit yang parah.


tanda-tanda-kehamilan

8. Mual dan muntah

Biasanya mual dan muntah baru muncul saat usia kandungan 6 minggu. Gejala akan berkurang dan hilang perlahan di usia kandungan 12-16 minggu.

Namun tanda ini berbeda-beda di setiap orang. Jika mual dan muntah sudah sangat mengganggu bahkan sampai bumil tidak bisa makan segeralah periksakan ke dokter kandungan.

9. Sering buang air kecil

Pada awal kehamilan bunda akan buang air kecil lebih sering dari biasanya yang disebabkan oleh perubahan hormon. Memasuki trimester 2-3 keinginan buang air kecil yang lebih sering dipengaruhi oleh rahim yang semakin membesar dan menekan kantung rahim.

10. Perubahan mood

Pada awal kehamilan hormon Progesteron dan Estrogen meningkat, hal ini juga dapat mempengaruhi suasana hati. Bunda bisa tiba-tiba merasa sedih atau senang.

Hal ini wajar, bunda tidak perlu khawatir ya. Mungkin pak suami yang perlu menyesuaikan dengan keadaan bunda yang sedang mengalami mood swing

 

Berdasarkan pengalaman itu lah 10 tanda-tanda kehamilan trimester 1 yang Aku rasakan. Tentu saja seperti yang sudah Aku tuliskan di atas, tanda-tanda ini akan berbeda-beda disetiap bumil. 

Trimester 1 memang tahap yang dapat membuat ibu sangat lelah. Baca, beberapa tips yang mungkin dapat membantu bunda melewati trimester 1 kehamilan.

 

Jika ada tanda-tanda yang berlebihan (terutama perdarahan dan rasa kram perut yang berlebih) bunda harus segera periksakan kondisi ke dokter kandungan. Agar bunda dapat penanganan yang tepat.

 

Sumber:

Mayo Clinic (2020). 1st Trimester Pregnancy: What to Expect.

Healthline. Diakses pada 2022. 1 Week Pregnant: What Are the Signs?

The Bump. Diakses pada 2022. Pregnancy Week by Week. 1 Week Pregnant.



No comments